Apa Itu Insecure, Ini Dia Tanda dan Cara Mengatasinya

arti insecure
 

Istilah insecure menjadi ramai digunakan untuk menggambarkan perasaan minder dan rendah diri. Menganggap kemampuannya tidak sebanding dengan yang orang lain miliki. Sebenarnya, apa itu insecure? Apa itu merupakan kondisi yang mengkhawatirkan?

Rasa takut dan cemas sebenarnya wajar dialami setiap orang dalam hidupnya. Bisa jadi mereka takut dan minder dengan kemampuannya saat hendak melamar pekerjaan atau saat menghadapi tes. Akan tetapi, rasa cemas dan takut secara berlebihan dan terus menerus ini memiliki dampak lanjutan yang serius.

Apa Itu Insecure


Insecure adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak aman, tidak mampu, dan minder yang bisa berakibat pada kesehatan mental dan tubuh secara keseluruhan. Ini tidak bisa diabaikan karena dampak kesehatan mental dapat berujung pada depresi.

Faktor Penyebab Insecure


Segala kemungkinan dapat menjadi penyebab timbulnya rasa insecure. Dari mulai faktor ekonomi, trauma masa lalu, lingkungan sosial, keluarga, pertemanan, hingga kemampuan diri dapat memunculkan rasa tidak aman atau insecure.

Tanda-Tanda Insecure


1. Menutup diri

Orang yang insecure, cenderung merasa tidak mampu untuk berbaur dengan orang lain. Mereka akan merasa malu atau minder dan merasa kemampuan yang dimiliki tidak sebanding atau tidak setara dengan orang lain.


Akibatnya, mereka akan menutup diri dari pergaulan dan akibatnya akan merasa kesepian serta tidak punya teman untuk saling bercerita dan berbagi.

2. Sering Overthinking

Insecure atau perasaan tidak aman sering kali dibarengi dengan berpikir yang berlebihan atau overthinking. Mereka takut dengan sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang karena merasa belum siap untuk menghadapi.

3. Tidak Percaya Diri

Perasaan tidak aman muncul bersamaan dengan rasa tidak percaya diri. Orang yang insecure tidak percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Bisa jadi, mereka juga tidak percaya diri akibat penampilannya.

Cara Menangani Rasa Insecure


Rasa insecure yang berlebihan harus segera ditangani sebelum berakibat pada kesehatan mental dan psikis lainnya.

1. Perbanyak Teman

Kamu yang sering merasa insecure bisa mencoba untuk menjalin pertemanan yang lebih banyak. Ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa tidak percaya diri yang dimiliki. Cobalah untuk berbaur dengan mereka dan berbagi cerita.

2. Lawan Overthinking

Rasa insecure akan berkurang jika kamu berhenti untuk berpikir berlebihan atau overthinking. Alihkan pikiran negatif yang ada dengan hal-hal baru yang lebih positif. Misalnya lebih banyak beraktivias berolahraga, menyalurkan hobi, dan lain sebagainya pokoknya kurangi berpikir yang berlebihan.

3. Jangan Bergantung sama Orang Lain

Memang bagus kalau kita memiliki banyak teman, akan tetapi terlalu bergantung atau berharap lebih sama orang lain malah itu akan jadi hal buruk. Lebih baik percaya diri dan terus perbaiki diri kita sedikit demi sedikit apa yang masih kurang.

Baca juga : Ini Dia Maksud Kata Cepu

Add Comments


EmoticonEmoticon