Ternyata Ini Dia Maksud Kata Cepu yang Sering Dipakai Netizen

arti kata cepu
 

Jika kamu orang yang aktif membuka media sosial, tentu tidak asing dengan istilah cepu yang sering netizen pakai. Tetapi, istilah cepu sebenarnya memiliki beberapa arti dan maksud. Lalu, apa itu cepu yang dimaksud netizen Indonesia?

Selain menjadi nama sebuah kecamatan di Kabupaten Blora Jawa Tengah, cepu juga punya arti lain. Istilah cepu sekarang dimaksudkan dengan perbuatan mengadu. Untuk lebih tahu lengkapnya, ikuti artikel ini sampai habis.

Maksud Dari Istilah Cepu yang Sering Dipakai Netizen


Istilah cepu friend dan close friend di Instagram sering kali disangkutpautkan. Fitur close friend di story Instagram biasanya dipakai orang yang ingin membagikan cerita ke teman atau orang terdekat saja. Mereka tidak mau orang lain mengetahui story yang dibuat.

Akan tetapi, saat lingkup close friend yang mereka percayai justru menyebarkan storynya, si penyebar ini berubah sebutannya menjadi cepu friend.

Dari situ bisa disimpulkan bahwa cepu memiliki arti tindakan menyebarkan rahasia atau istilah lainnya suka mengadu. Orang yang cepu sering kali tidak disukai orang lain. Mereka tidak bisa menjaga rahasia.

Beberapa netizen juga menyamakan orang yang suka cepu sebagai musuh dalam selimut atau menusuk dari belakang. Orang terdekat yang mereka percayai ternyata tidak bisa menjaga rahasia yang seharusnya tidak disebarkan.     

Arti Kata Cepu Dalam KBBI


Apa itu cepu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cepu memiliki dua arti. Pertama, cepu (n) berarti cembul yang dibuat dari kayu (perak dan sebagainya). Kedua, cepu (n) berarti informan polisi.

Dari situ kita tahu bahwa istilah cepu yang dimaksud netizen diambil dari arti kedua. Informan polisi artinya orang yang sering memberi informasi kepada polisi guna kepentingan suatu penyelidikan di kepolisian. Biasanya, polisi memerlukan informan untuk mengungkap kasus penyalahgunaan n*rkob*, prostitusi, dan kejahatan lainnya.

Ketahui juga istilah Arti Kata Kureng dalam Bahasa Gaul atau kamu juga mau tahu makna dari kata Ghosting.

Setelah tahu apa itu cepu, kalian jangan menjadi orang yang cepu ya! Pilah pilih mana informasi yang memang bisa disebarkan dan mana informasi yang cukup kamu tahu saja, Oke!