Resep Membuat Tahu Walik Aci Crispy

tahu walik aci crispy
 

Tahu walik merupakan camilan khas yang berasal dari Banyuwangi. Harganya sendiri tergolong murah, dan rasanya yang renyah juga enak membuat makanan ini populer dan banyak yang menjajakannya. Tahu walik merupakan tahu kopong atau tahu sumedang yang bagian dalamnya dibalik. Biasanya diisi dengan daging sapi, daging ayam, atau aci.

Tahu walik aci crispy merupakan kreasi makanan yang kekinian. Berbahan tahu sumedang, diberi isian aci membuat camilan ini mulur dan rasanya gurih renyah dan enak. Sangat cocok jika dijadikan teman ngopi disaat sore hari. Untuk bahan-bahan pembuatannya juga sangat ekonomis, sehingga banyak dijadikan sebagai ide usaha.

Adonan aci yang diberi tambahan ayam cincang dan isian cabe rawit biasanya bertambah nikmat. Para penjual biasanya setelah selesai membuat tahu walik aci akan memasukkannya ke dalam freezer dan dibekukan lalu akan dijual sebagai frozen food.

Menikmati tahu walik aci akan lebih mantap jika ditemani dengan bumbu kecap pedas manis. Bagi kalian yang akan membuat ide usaha ini juga pastinya akan tambah laris manis. Kalian yang penasaran apa resep dan bagaimana cara pembuatannya, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!

Bahan-bahan
- 10 buah tahu kopong (pakai tahu sumedang lebih sedap)
- 7 sendok makan tepung tapioka
- 3 sendok makan tepung terigu serba guna
- Daun bawang (iris)
- Daun seledri (jika tida suka boleh di skip)
- 2 siung bawang putih
- ½ sendok teh merica bubuk
- ½ sendok the ketumbar bubuk
- Garam secukupnya
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Kecap
- 2 sendok makan kecap manis
- Cabai sesuai selera
- Gula pasir secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula merah/aren
- Air secukupnya

Cara Membuat Tahu Walik Aci Crispy


1. Belah tahu kopong menjadi 2 bagian membentuk segitiga, lalu balik bagian dalamnya secara perlahan agar tidak sobek satu persatu.

2. Buat adonan aci dengan cara campurkan tepung tapioka, tepung terigu, kaldu bubuk, bawang putih, dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit aduk perlahan sampai adonan tercampur rata dan kalis.

3. Iris-iris daun bawang lalu campurkan kedalam adonan aci, aduk kembali sampai tercampur rata.

4. Setelah adonan aci jadi, masukkan adonan aci tersebut sedikit-sedikit kedalam tahu yang sudah dibalik. Lakukan sampai semua tahu dan adonan aci habis.

5. Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya. Lalu goreng semua tahu walik aci sampai matang. Jika sudah berwarna coklat keemasan angkat lalu tiriskan.

6. Ambil piring lalu tahu walik aci crispy siap disajikan.

Cara Membuat Bumbu Kecap


  • Ulek sampai rata semua bumbu kecap seperti cabai, garam, gula merah dan gula pasir.
  • Ambil wadah lalu bumbu yang sudah diulek tuang kedalam wadah tersebut.
  • Campurkan dengan kecap dan tambahkan air secukupnya, aduk sampai rata.
  • Sajikan tahu walik aci bersama bumbu kecapnya.


Baca kreasi cemilan lainnya, Resep Cara Membuat Keripik Tahu Pong atau kamu juga ingin coba ini Resep Cara Membuat Nugget Tahu yang Enak.

Cocolan bumbu kecap ini memang sangat nikmat apabila disandingkan dengan tahu walik aci crispy. Akan terasa lengkap jika keduanya ada, namun jika tidak ada tahu walik aci akan nampak seperti makanan yang biasa saja. Jika kalian tidak suka maka bisa menggantinya dengan cabai rawit atau sesuai dengan selera kalian.

Itulah resep membuat tahu walik aci crispy, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Add Comments


EmoticonEmoticon