Resep Kastengel Keju Edam Renyah dan Gurih

Resep Kastengel Keju Edam
 

Anda pecinta kue kering? Sudah pernahkah mencoba Kue Kastengel Keju Edam? Kue Kastengel Keju atau sering disebut kue keju merupakan cemilan khas yang muncul pada saat hari raya lebaran tiba. Bahkan hampir semua rumah-rumah pada saat hari raya menyuguhkan jenis kue ini, sehingga hampir semua orang akan mengenalnya. Sesuai dengan namanya, bahan utama pada pembuatan kue kastengel ini adalah keju sehingga memiliki ciri khas rasa yang asin dan gurih juga memiliki tekstur yang renyah serta kering.

Untuk membuat resep kue kastengel keju juga sangat mudah jadi semua orang bisa mencobanya dirumah. Pada dasarnya memang membuat kue kastengel ini bahan utamanya adalah keju edam, tetapi karena keju edam memiliki harga yang lumayan menguras kantong, keju cheddar atau merk lain dan parmesan bisa dijadikan penggantinya.

Kalian yang ingin mencoba membuat kue kastengel keju edam dengan renyah dan gurih anti gagal jangan khawatir, pokoknya khusus kali ini kita akan membagikan resepnya. Yuk simak langkahnya berikut ini! Tapi sebelumnya kita persiaplan dahulu bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain.

Bahan
150 gram keju edam / keju tua (victoria dejong)
200 gram terigu rendah protein (bisa segitiga biru premium)
150 gram mentega leleh (blue band cake & cookies)
50 gram tepung maizena
2 butir kuning telur
1 sendok teh emplex

Bahan Tambahan
2 butir kuning telur untuk olesan (di kocok lepas)
1 sendok makan air
Kertas roti / kertas minyak (Secukupnya)
40 gram keju parut (keju cheddar / merk yang lain)

Cara Membuat Kastengel Keju Edam


  1. Masukkan kuning telur dan margarin leleh ke dalam wadah kemudian kocok dengan mixer atau pengocok kawat selama kurang lebih 20 – 25 menit hingga mengembang.
  2. Setelah mengembang, masukkan tepung terigu, tepung emplex, tepung meizena, dan terakhir keju edam / keju tua. Aduk semuanya hingga tercampur rata dengan menggunakan spatula.
  3. Jika semua adonan sudah kalis, ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian bentuk memanjang dengan ukuran satu atau dua ruas jari telunjuk atau sesuai dengan selera Anda. Kemudian letakkan di nampan atau ditempat lain.
  4. Setelah semuanya dicetak, siapkan loyang kemudian olesi loyang dengan margarin. Kemudian letakkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam loyang.
  5. Panaskan oven, kemudian masukkan loyang-loyang yang sudah terisi adonan kedalam oven. Panggang hingga setengah matang, selama kurang lebih 20 menit.
  6. Setelah setengah matang, keluarkan kastengel dari oven kemudian olesi dengan kuning telur dan taburi parutan keju.
  7. Panggang kembali kastengel hingga matang sempurna, selama kurang lebih 10 menit.
  8. Setelah matang tata rapih ke dalam toples, namun sebelumnya lapisi dahulu dengan kertas roti / kertas kertas minyak.
  9. Kue kastengel keju edam siap dinikmati.


Perlu Anda ketahui, sebelum dimasukkan ke dalam toples dinginkan dahulu kue kastengel dengan cara taruh diwadah seperti nampan kemudian biarkan sampai dingin atau di angin-anginkan. Hal tersebut supaya  kue kastengel keju yang Anda buat tadi akan lembek dan tidak cepat rusak. Setelah dingin kemudian kue kastengel baru bisa ditata ke dalam toples, lalu tutup dengan rapat.

Itulah resep kue kastengel keju edam yang bisa Anda coba dirumah. Jadi tidak harus menunggu hari lebaran lagi untuk bisa menikmati kue kastengel lagi. Anda bisa menjadikan teman santai yang rasanya dijamin renyah, gurih dan membuat Anda tidak bisa berhenti untuk mencicipinya.

Selamat mencoba!

Baca resep dari berbahan keju yang lainnya seperti, Membuat Singkong Keju Untuk Camilan Yang Lezat. Atau kue yang sering kita jumpai pada saat Lebaran? Resep Membuat Kue Putri Salju Yang Enak Dan Lumer Di Mulut.

Add Comments


EmoticonEmoticon