8 Langkah Jadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Kece, Enggak Asal Ngomong Aja

tips jadi moderator presentasi kuliah
 

Menjadi moderator itu ada seninya, loh. Termasuk ketika melakukan presentasi di tempat kuliah. Penasaran bagaimana Langkah jadi moderator presentasi kuliah yang kece itu kayak gimana? Yuk kita ulas.

Moderator adalah orang yang akan menjadi jembatan antara penyampai materi dengan penerima materi. Mengatur siapa yang seharusnya berbicara, membawakan per presentasi menjadi lebih terarah. Urusan membuka dan menerima sesi tanya jawab juga urusan moderator, loh. Hampir kaya pembawa acara gitu. Terus, gimana sih langkahnya?

Langkah Jadi Moderator Presentasi Kuliah


1. Tahu Jobdesk

Nggak muluk-muluk sih langkah jadi moderator presentasi kuliah itu. Pertama yang penting untuk diketahui adalah job deskripsi. Kamu harus paham bahwa selain mendampingi pemateri presentasi, mencatat poin penting, mempersilakan penanya, kamu juga harus memastikan kondisi presentasi kondusif.

Jika ada kegaduhan, apa yang harus dilakukan moderator? Nah, ini akan menjadi langkah selanjutnya yang bisa diikuti.

2. Serius tapi Santai

Saat bersama pemateri, seorang moderator harus memiliki sikap yang serius namun dengan pembawaan yang santai. Serius itu misalnya ketika tadi ada kegaduhan dalam sesi presentasi, moderator harus tegas menentukan sikap. Berikan pemahaman dengan cara yang santai supaya peserta tetap kondusif menyimak materi.

Jadi orang serius tapi santai ini bisa dilatih kok, salah satu kuncinya adalah profesionalisme. Kan ada tuh karena merasa moderatornya teman kuliah, jadi seenaknya saja menanggapi pemateri. Dengan bersikap profesional, maka lingkungan kondusif selama presentasi berlangsung, bisa kamu dapatkan.

3. Tahu Agenda

Seorang moderator yang baik pasti bisa mendapatkan salinan agenda presentasi. Semacam kertas yang berisi apa saja yang akan dibahas pemateri, kapan waktunya tanya jawab dan kapan waktunya istirahat.

4. Menjadikan Pemateri Fokus Utama

Ibarat dalam sebuah konser, pemateri ini akan menjadi bintangnya. Jadi semua perhatian harus diarahkan kepada pemateri. Langkah jadi moderator presentasi kuliah yang satu ini mungkin tidak akan langsung bisa kamu lakukan. Tapi dengan berlatih, perlahan tapi pasti, kamu pasti bisa menaklukannya.

5. Pandai menangkap Reaksi Pembicara dan Penonton

Nyatanya menjadi moderator yang kece ini memang tidak bisa diam saja dan tidak bisa juga asal ngomong. Ia harus pandai menangkap setiap reaksi yang ditampilkan pembicara dan penonton. Misal ketika penonton mengerutkan dahi, artinya penonton mungkin butuh penjelasan lebih, tugas moderator untuk menanyakannya kepada pemateri.

Misal begini: “Mohon maaf teman kuliah, sepertinya gagasan yang barusan diutarakan masih ada yang belum memahaminya, bisa diulangi kah?

6. Membawa dan Membuat Catatan

Sebelum presentasi berakhir, moderator biasanya akan mengulas intisari materi dari awal sampai akhir. Inilah alasan kenapa catatan diperlukan. Karena untuk mencatat poin-poin penting selama materi berlangsung dan menyampaikannya ketika presentasi berakhir.

7. Siapkan Ice Breaking untuk jaga-jaga

Presentasi di tempat kuliah mungkin sering terlihat membosankan, karena nyatanya memang yang menyampaikan materi ada saja yang masih kurang menarik. Tidak ada salahnya ketika kamu bertugas sebagai seorang moderator, kamu menyiapkan ice breaking untuk mencairkan suasana.

Ice breaking adalah kegiatan untuk mendatangkan fokus penyimak materi. Kegiatan ini juga bisa membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Contoh kegiatannya bisa dengan membuat permainan lucu, permainan fokus, memijat teman sebangku, dan lainnya yang juga menyenangkan.

Baca juga :
- Beberapa Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah
- Cara Membuat Laporan Praktikum yang Benar

Add Comments


EmoticonEmoticon