6 Cara Membuat Laporan Praktikum yang Benar Agar Nilainya Bagus

tips membuat laporan praktikum
 

Cara membuat laporan praktikum yang benar - sebetulnya tidak susah ataupun ribet, ya. Hanya saja mungkin untuk yang belum terbiasa, cara-caranya harus dipelajari dengan betul terlebih dahulu.

Namun, sebelum kita membahas cara, agar lebih paham, kita akan mengulas dulu tentang apa sih laporan praktikum itu?

Cara Membuat Laporan Praktikum


Laporan praktikum adalah bentuk tulisan dari proses pengamatan, percobaan penggalian fakta terhadap sesuatu yang sedang dicari hasilnya. Di dalamnya bersisi prosedur melakukan percobaan, analisis, dan data yang digunakan seperti apa.

Nah, dari pengertian tersebut bisa deh langsung kita bahas cara membuat laporan praktikum yang benar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Masalah yang Akan diteliti

Sebuah laporan akan dibuat untuk memetakan sebuah masalah yang telah diteliti. Semua berasal dari penentuan masalahnya terlebih dahulu, latar belakang masalahnya seperti apa? Alasan kenapa masalah tersebut harus dipecahkan? Tujuan setelah masalah dipecahkan dan lain sebagainya.

Pada bagian tujuan, sebaiknya dibuatkan beberapa daftar yang spesifik dan relevan dengan hasil penelitian, ya.

2. Membuat Judul Laporan

Judul laporan ini letaknya ada di halaman paling depan (cover) penelitian. Bisa dibuat berdasarkan masalah yang sudah ditentukan di atas, ya. Misal laporan praktikum yang membahas masalah kayu mana yang mudah terbakar dari beberapa jenis kayu yang disediakan.

Maka kamu bisa membuat judul: Jenis Kayu yang Mudah Terbakar.

3. Mencari dan Menentukan Hipotesis

Cara membuat laporan praktikum yang benar selalu berhubungan dengan penentuan hipotesis. Hipotesis adalah tebakan hasil yang akan didapatkan dari percobaan, tebakan ini diurai dalam beberapa teori kemungkinan.

Selanjutnya hipotesis ini akan diuji dengan beberapa percobaan yang sesuai dengan teori atau cara yang ada. Hipotesis bisa berasal dari dugaan yang mungkin terjadi setelah percobaan dilakukan.

4. Membuat daftar alat dan bahan

Daftar alat dan bahan yang berhubungan dengan penelitan harus dicatat, ya. Dalam percobaan menentukan jenis kayu yang mudah terbakar misalnya, ada alat seperti kompor atau korek, wadah berbahan alumunium, kaca dan lain-lain.

Bahannya adalah kayu, air, minyak dan lain-lain. Semua alat dan bahan ini harus ditulis agar tercipta laporan praktikum yang benar.

5. Menjelaskan Cara kerja dari Percobaan atau Penelitian

Seperti membuat resep makanan atau minuman. Setelah selesai dengan alat dan bahan, kamu harus membuat cara kerja atau proses bagaimana percobaan dilangsungkan. Setiap Langkah harus ditulis sedetail mungkin sesuai dengan kejadian nyata yang dilakukan.

Selain menuliskan langkah percobaan, untuk penelitian yang cukup berbahaya, kamu harus membuat juga prosedur pencegahan hal buruk terhadap penelitian.

Ketahui juga : Beberapa Penyebab Mahasiswa Mengulang Mata Kuliah

Tips dan Cara Membuat Laporan Praktikum yang Benar


Agar membuat laporan lebih sesuai dengan keinginan, atau sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru, sebaiknya kamu melakukan tips dan cara berikut, ya:

  1. Mendiskusikan setiap tulisan yang kamu buat untuk laporan ini kepada guru mata pelajaran yang meminta laporan. Mintalah petunjuk secara jelas bagaimana laporan ini seharusnya diselesaikan.
  2. Lakukan pengecekan atau swasunting terhadap tulisan. Hal ini untuk menghindari salah ketik atau typo. Periksalah dengan detail dan dua kali lebih pengecekan, ya. Agar hasilnya bagus.
  3. Jika membutuhkan tempat khusus seperti lab, pilihlah lab yang memang menyediakan alat atau bahan yang memadai untuk melangsungkan praktikum.
  4. Jangan lupa mencatat sumber data yang berhubungan dengan praktikum, ya.

Add Comments


EmoticonEmoticon