5 Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati Total Tanpa Sebab

cara hidupkan laptop asus mati total
 

Semua orang pasti akan merasa panik jika mengalami laptopnya tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan. Ini memang bisa saja terjadi di semua jenis laptop, tak terkecuali Asus. Lalu bagaimana cara menghidupkan laptop Asus yang mati total?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyalakan laptop asus yang mati. Namun sebelum itu kamu juga harus tahu penyebabnya. Pasalnya, laptop yang mati tentu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa karna umur, overheat, sampai kegagalan sistem.

Maka dari itu, mengetahui penyebab utama akan mempengaruhi penanganannya. Mungkin kalian harus memahami apa saja faktor penyebab yang sering membuat laptop mati sebelum akhirnya memutuskan untuk dibawa ke tukang servis.

Penyebab Laptop Asus Mati


Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop mati sendiri, dan cara menghidupkan laptop Asus yang mati juga akan berbeda, tergantung tingkat masalahnya.

Kasus yang sering terjadi yaitu dari yang cuma mati lalu hidup lagi, sampai mati total dan tidak mau dihidupkan. Untuk itu kita pahami dulu nih, penyebab kenapa laptop bisa mati:

1. Overheat


Ketika suhu laptop terlalu panas, biasanya prosesor akan otomatis berhenti bekerja, hal ini yang menyebabkan laptop mati sendiri. Namun dalam beberapa kasus, laptop akan kembali normal jika suhu sudah mulai menurun.

Maka dari itu pastikan sirkulasi pendingin laptop bekerja dengan baik, dan hindari pemakaian diatas kasur, bantal, atau sofa, karna akan menghambat sirkulasi udara.

Cara menghidupkan laptop Asus yang mati karna overheat bisa dilakukan saat suhu normal. Biasanya dengan menekan tombol power laptop akan kembali menyala seperti semula.

2. Motherboard Bermasalah


Motherboard merupakan komponen penting dari sebuah laptop. Jika digambarkan, motherboard serupa dengan organ dalam yang terdiri dari berbagai rangkaian sistem penting. Jika ini bermasalah, tentu dampaknya kerusakan yang serius !

Rusaknya motherboard juga bisa disebabkan oleh umur atau penggunaan berat yang tidak sebanding dengan kemampuan atau spesifikasi laptop, misalnya sering dipaksa buat main game seharian tanpa henti.

Namun penyebab laptop mati tidak selalu karna dua faktor ini. Pasalnya ada banyak sekali faktor. Jadi kamu jangan panik dulu jika laptop Asus yang anda miliki tidak bisa dinyalakan.

Cara Menghidupkan Laptop Asus Yang Mati


Banyak yang mengira jika laptop asus mereka rusak karena tidak bisa hidup saat tombol power ditekan. Cara menghidupkan laptop Asus yang mati yaitu dengan menghubungkan ke listrik.

Pasalnya, bisa jadi laptop hanya kehabisan daya baterai sehingga lampu indikator pun tidak menyala. Tunggu beberapa menit dan coba nyalakan ulang. Jika masih tetap tidak bisa, coba lepas baterai dan sambungkan langsung charger ke stop kontak.

Jika cara ini berhasil, berarti sudah bisa dipastikan masalahnya ada pada baterai. Mungkin baterai sudah terlalu usang dan waktunya diganti.

Tapi bagaimana jika laptop asus baterai tanam?

Nah, untuk mengatasi laptop baterai tanam yang tidak mau dihidupkan, kamu bisa melakukan reset bios. Ini bertujuan untuk mengembalikan sistem bios pada perangkat dari awal. Proses ini akan menginterupsi kerja bios hanya pada perangkat keras dan baterai, jadi kamu tidak akan kehilangan data apapun.

Baca juga : Berbagai Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

Cara menghidupkan laptop asus yang mati yaitu dengan menekan tombol power kurang lebih selama 30 detik (force reset), lalu lepaskan dan sambungkan daya melalui charger.

Langkah terakhir yaitu hidupkan laptop seperti biasa. Jika proses ini berhasil, maka laptop akan menyala normal seakan tidak ada yang terjadi! Tapi perlu diingat! Saat menekan tombol power pertama kali (force reset), laptop harus tidak tersambung dengan arus listrik.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan ketika Anda mengalami masalah laptop Asus mati total tanpa sebab. Mudah-mudahan setelah ini kalian lebih bijak lagi dan tidak gampang panik sehingga melakukan kesalahan yang lebih serius.

Sementara ini kita bisa meneliti terlebih dahulu hingga akhirnya bisa menemukan titik permasalahan dari laptop yang tiba-tiba mati bisa saja kan hanya karena hal sepele seperti colokan baterai yang longgar sehingga daya baterai laptop tidak terisi. Namun jika kerusakan dirasa cukup parah janganlah gegabah, segera konsultasikan pada ahlinya.