6 November 2015

Berbagai Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak


Penggunaan laptop pribadi di jaman sekarang ini sudah tidak asing lagi, tidak seperti dulu hanya ada di kantor tertentu saja. Penggunaan laptop yang semakin banyak tentu cara pemakainnya setiap orang juga berbagai ragam. Sesuai dengan topik pembahasan kali ini bahwa pemakaian laptop yang tidak wajar bisa menyebabkan baterai laptop cepat rusak.

Bahwa baterai pada umumnya memiliki fungsi yang sangat besar, baterai juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kerusakan inti pada laptop itu sendiri. Sehingga baterai laptop yang kelihatannya sudah rusak bahkan semakin parah, anda harus segera mengganti baterai yang baru. Kalau tidak begitu takutnya nanti laptop kesayangan anda malah jadi rusak.

Setelah kita pengalaman dari hal-hal tersebut sebaiknya kita rawat dengan baik laptopnya supaya awet dan tahan lama. Ada beberapa penyebab mengapa baterai laptop cepat rusak yang harus anda ketahui. Berikut kami sampaikan tips bagaimana merawat dan menjaga baterai laptop agar awet dan tahan lama,
Berbagai Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak


Banyak yang menjadi penyebab akan hal tersebut, Hanya saja kita masih kurang mengetahui apa saja penyebabnya.
Penyebab yang pertama, anda harus menghindari pemakaian laptop secara berlebihan. Di sisi kesibukan anda bahwa diciptakannya laptop untuk meringankan pekerjaan anda supaya pekerjaan jadi ringan dan tidak memakan begitu banyak waktu. Sementara pemakaian laptop secara berlebihan bukannya meringankan pekerjaan melainkan memberatkan pekerjaan.
*Seperti yang pernah terjadi pada laptop saya yang digunakan secara berlebihan, malah beberapa aplikasinya tidak berjalan dengan baik. Tetapi setelah saya matikan beberapa jam akhirnya normal lagi, hanya saja baterainya jadi sedikit lemah.

Penyebab selanjutnya yaitu menggunakan laptop sambil men-carger baterai. Ternyata tidak cuma hp kalau digunakan sambil di cas bisa menyebabkan kerusakan, laptop pun sama. Hal ini yang sering dilakukan karena berbagai alasan seperti tanggung pekerjaan tetapi baterai sudah lemah sehingga melakukan hal ini. *Saran saya sebaiknya kalau memang pekerjaannya penting dan mebutuhkan waktu lama, maka sebaiknya pakai laptop anda saat baterai full khusus melakukan pekerjaan itu.

Terlalu lama men-caarger baterai, padahal baterai sudah penuh juga merupakan penyebab baterai laptop mengalami kerusakan. Dan bahayanya seperti kejadian tetangga saya, ini bukan laptop yang di cas tetapi hp. Karena sudah lelah habis pulang kerja ngecas hp malah ketiduran sehingga baterainya panas hingga meledak. Ini kan sangat berbahaya, tetapi untung saja tidak kebakaran.

Kemudian membiarkan baterai sampai drop/kosong baru di cas. Walaupun laptop sudah mati karena baterai habis, sejatinya laptop masih bekerja dan membutuhkan daya untuk mensuplaynya. Oleh karena itu hindarilah hal semacam ini supaya baterai tidak mudah rusak. Jangan menunggu baterai habis, setidaknya 30% baterai yang tersisa sudah kita cas laptopnya.

Penyebab berikutnya meletakkan laptop di atas benda empuk, sepeti di atas kasur misalkan. Dengan kita meletakkan laptop kita di atas benda empuk seperti bantal dan kasur, maka laptop yang dalam keadaan hidup itu akan cepat panas. Hal ini dikarenakan benda yang empuk tidak adanya sirkulasi udara yang keluar sehingga kipas di dalam laptop bekerja dengan keras untuk mendinginkan sistem. Perilaku seperti ini tidak hanya merusak baterai saja sekaligus laptopnya bisa ikutan rusak. Jika anda penasaran coba saja, tapi resiko tanggung sendiri ya hehehe.

"Tapi saya pernah melakukannya dan alhamdulillah tidak apa-apa, karena laptopnya tidak dinyalakan hehehe".

Mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan tentang Berbagai Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak yang bisa kami sampaikan. Semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda semua.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon