Beberapa Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis yang Harus Anda Perhatikan

spesifikasi komputer untuk desain grafis
 

Bagi Anda yang membutuhkan PC atau perangkat komputer untuk keperluan mendesain, tentunya Anda harus tahu akan spesifikasi komputer untuk desain grafis yang mumpuni itu seperti apa. Kebutuhan akan perangkat komputer atau laptop pada kemajuan di zaman Teknologi digital seperti saat ini pastinya begitu tinggi.

Apalagi sudah banyak profesi atau pekerjaan yang memerlukan perangkat komputer dan laptop dengan spek khusus. Contohnya saja jasa desain grafis yang tak akan jauh dari perangkat komputer yang sehari-hari menjalankan program seperti Adobe Premiere, Photoshop, CorelDRAW, editting video, dan lainnya. Karena itulah spesifikasi perangkat komputer dan laptop untuk desain harus memenuhi persyaratan tertentu.

Baca juga : Perbedaan Komputer dan Laptop

Mengetahui Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis Terbaik

Di bawah ini ada beberapa spesifikasi komputer untuk multimedia yang harus Anda pahami demi kebutuhan Anda pada bidang desain grafis. Untuk Anda yang berminat bekerja di bidang multimedia, harus mengerti hal semacam ini:

1. Kapasitas RAM

Saat ini sudah banyak aplikasi editing yang menerapkan resolusi tinggi agar dapat memaksimalkan hasil desain. Oleh sebab itulah perangkat yang akan Anda gunakan sebaiknya mempunyai kapasitas RAM cukup besar.

Sebab, tidak mungkin jika seorang editor hanya memakai satu aplikasi agar bisa membuat desain grafis yang tampak bagus.

Para pengguna perlu memilih perangkat yang memiliki kapasitas RAM paling tidak 4GB atau lebih. Sehingga kinerja komputer bisa lebih optimal dan tak gampang error saat Anda gunakan.

2. Memiliki CPU 4 Core atau Bisa Lebih

Anda bisa memilih PC desain grafis murah untuk menunjang pekerjaan tersebut. Namun, harap perhatikan CPU yang akan Anda gunakan pada produksi desain grafis, ada baiknya CPU mempunyai ukuran di atas 4 core.

Bukan hanya itu CPU yang Anda gunakan sebaiknya keluaran 1 sampai 3 tahun terakhir. Pengguna juga dapat memilih CPU lebih dari 4 Core.

Sebab semakin banyak jumlah core pada CPU mengartikan kualitas kerjanya tambah bagus. Hal ini berguna agar ketika melakukan pekerjaan tidak terlambat karena mengalami lag.

3. Sistem Operasi Komputer 64 Bit

Para konten creator bisa memilih spek komputer untuk desain grafis dan harganya relatif murah. Akan tetapi setidaknya pilihlah komputer yang memiliki sistem operasi Win 10 64 bit atau keluaran terbaru. Sistem tersebut pastinya lebih baik untuk pekerjaan di bidang editing.

Akan tetapi, spesifikasi komputer untuk keperluan desain grafis yang mempunyai sistem operasi tersebut harganya cukup mahal. Jika pengguna tak ingin mengeluarkan uang yang lebih banyak, maka bisa memilih sistem operasi keluaran Linux.

4. Memakai IGP atau GPU di Kelas Low

GPU komputer modern keluaran terbaru sudah lengkap dengan fitur yang memiliki akselerasi khusus. Adapun fitur tersebut dapat membantu dalam melakukan transcoder, image processor, encoder serta perubahan pada video.

Terdapat banyak jenis kartu grafis yang lengkap dengan fitur tersebut seperti jenis consumer dan profesional. Namun, yang membedakan adalah harga keduanya sangat berbeda tapi kualitasnya tidak kalah. Anda bisa memilih GPU consumer dalam menentukan spesifikasi komputer untuk desain.

5. Mempunyai Penyimpanan Sebesar 1 TB

Tentu saja pekerjaan desain grafis memerlukan ruang penyimpanan yang sangat besar. Setidaknya, jenis perangkat komputer yang Anda gunakan mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB untuk hard disk. Kalau menginginkan performa yang optimal sebetulnya disarankan untuk memakai jenis SSD akan lebih mampu meningkatkan efisiensi kerja, tapi karena harganya juga lebih mahal maka cukup dengan kapasitas 256GB (SSD).

Adapun kapasitas harddisk sebesar ini bisa berguna untuk menyimpan data sampai sebanyak-banyaknya.

Dengan demikian, pengguna tak perlu khawatir dengan hasil file desain yang sudah Anda buat. Kapasitas penyimpanan yang besar juga nantinya mempengaruhi sistem kerja perangkat komputer. Sehingga komputer mempunyai performa kencang dan tak gampang error akibat memori penuh.

Akhir Kata
Itulah beberapa spesifikasi komputer untuk desain grafis yang bisa Anda pilih dan perhatikan demi menunjang pekerjaan di bidang tersebut.

Add Comments


EmoticonEmoticon