Ternak Kambing Tanpa Ngarit, Solusi Pakan, dan Ternak Dalam Jumlah Besar

ternak kambing tanpa ngarit
 

Ternak kambing tanpa ngarit - Di jaman sekarang semua orang dituntut untuk bisa mengerjakan lebih dari satu kerjaan, dalam hal ini jika kalian beternak kambing, maka waktu akan terkuras habis jika pakan masih mengandalkan mencari rumput atau ngarit, apalagi jika skala ternak kalian sudah besar.

Tentunya dibutuhkan inofasi dalam beternak kambing agar bisa efisien dalam menggunakan waktu kalian, salah satunya yaitu dengan menggunakan pakan buatan atau tanpa ngarit. Dengan pakan buatan kalian bisa beternak dalam jumlah banyak tanpa kebingungan  dalam hal pakan.

Sebelum memulai beternak kambing ada baiknya kalian tentukan jenis kambing apa yang akan kalian pelihara, tentukan tujuan kalian beternak apakah untuk kontes, pengemukan atau diambil susunya. Karena itu akan menentukan pakan apa yang cocok yang yang akan kalian berikan.

Jika tujuan kalian untuk kontes maka pilihlah jenis kambing seperti kambing etawa dan domba garut, sedangkan untuk tujuan penggemukan kalian bisa pelihara jenis kambing seperti, dombos, jawa randu, domba taxel, dan untuk tujuan diperah susunya kalian bisa pelihara jenis kambing sapera.

Lalu pakan apa saja yang bisa kalian berikan untuk menggantikan rumput?

Ada dua jenis pakan yang bisa kalian berikan ke ternak kambing kalian, yaitu pakan kering dan pakan basah atau komboran.

1. Pakan kering

Pakan kering biasanya berasal dari sisa limbah pertanian seperti, kulit kacang, bungkil kopra, bungkil kacang tanah, bungkil kedelai, dedak gandum atau polar, dan pelet. Pemilihan pakan pengganti rumput tentunya harus memperhatikan nutrisi yang terkandung didalamnya agar pertumbuhan kambing sendiri tetap makimal.

2. Pakan basah

Pakan basah berasal dari pengolahan pabrik pengolahan bahan makanan, seperti ampas tahu dan ampas singkong. Anda bisa dapatkan pada pabrik pembuatan tahu dan pembuatan tepung tapioca.

3. Pakan fermentasi

Untuk pakan fermentasi sebenarnya tidak 100% tidak ngarit tetapi lebih ke pengawetan pakan agar bisa tahan lama, bahan pakan fermentasi sendiri campuran antara hujauan, konsentrat, dan dedak lalu di beri obat fermentasi, yang kemudian dimaksukan ke tempat yang kedap udara.

Pemberian Pakan

Jika kalian menggunakan pakan buatan tentunya pemberiannya pun harus teratur, kalian bisa berikan 2 kali dalam sehari. Pemberian pakan sendiri bisa diberikan dalam bentuk kering atau bentuk kombor, jika pakan yang diberikan bentuk kering maka porsi minumnya pun usahakan di tambah, sebaliknya jika sudah dalam bentuk kombor maka kambing akan sedikit porsi minumnya, kalian juga bisa mengkombinasi antara pakan basah dan kering, seperti pagi dengan komboran dan sore dengan pakan kering.

Baca juga : Ternak Kambing tanpa Modal Bibit

Bagaimana sobat apakah kalian tertarik menggunakan pakan buatan atau tanpa ngarit? Apabila ingin mengubah dari pakan rumput segar berganti ke pakan buatan, tentunya di butuhkan kesabaran karena perlu mengubah bentuk pakan dengan pelan pelan sedikit demi sedikit agar kambing terbiasa dan tetap lahap Ketika di beri pakan full pakan buatan. Selamat mencoba ya.