Ternak Kambing Sistem Bagi Hasil (Gaduh) Tanpa Modal Bibit dan Minim Rugi

ternak kambing sistem bagi hasil
 

Apakah kalian pernah berniat untuk beternak kambing, namun terhalang modal yang minim?

Beternak kambing merupakan usaha yang banyak terdapat di pedesaan, biasanya penduduk desa menjadikan kambing sebagai usaha sampingan mereka, atau banyak yang berkata kambing sebagai tabungan mereka. Namun di era sekarang, banyak yang menjadikan ternak kambing sebagai pendapatan utama mereka, dikarenakan keuntungan yang besar yang akan didapat.

Tidak sedikit juga dari mereka terhalang oleh keterbatasan modal, sehingga tidak jadi memulai ternak kambing, karena itu kali ini dunia budidaya akan mengulas tentang ternak kambing system bagi hasil atau gaduh, yaitu sistem ternak yang bisa menjadi solusi bagi kalian, yang memiliki modal terbatas namun ingin memulai beternak kambing.

Pengertian sistem Gaduh


Sistem gaduh yaitu sebuah sistem pemeliharaan ternak, dimana pemilik hewan ternak mempercayakan pemeliharaan ternaknya kepada penggaduh dengan imbalan bagi hasil. Untuk kambing betina biasanya yang akan di bagi dua adalah anakannya, sedangkan untuk kambing pejantan yang akan dibagi 2 adalah keuntungan dari penjualan.

Sistem bagi hasil sebenarnya sudah di lakukan sejak lama dari nenek moyang kita, namun masih relefan jika diterapkan pada jaman sekarang.

Hal yang harus diperhatikan dalam sistem Gaduh

Sebelum memulai ternak dengan sistem bagi hasil, ini hal yang harus kalian perhatikan:

  • Buatlah perjanjian dengan si pemilik hewan agar apabila terjadi masalah pribadi tidak berdampak pada kambing yang sedang diparo, perjanjian bisa tertulis atau tidak
  • Pilih indukan yang akan digaduh indukan yang berkualitas, sehingga anakan yang anda dapat juga bisa bagus.
  • Apabila terserang penyakit segera beritahu si pemilik hewan, agar apabila terjadi hal yang tak di inginkan anda tidak disalahkan.
  • Jaga kepercayaan si pemilik hewan dengan merawat kambing dengan maksimal dan jangan menjual tanpa seijin si pemilik hewan.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan ternak sistem gaduh atau maparo?

Kelebihan sistem Gaduh

1. Mengurangi biaya dalam memulai ternak kambing, karena tidak mengeluarkan biaya beli bibit atau indukan kambing

2. Mengurangi kerugian apabila terjadi kegagalan, karena apa bila terjadi kematian biasanya si penggaduh tidak di bebani biaya ganti rugi.

Kekurangan sistem Gaduh

Tentunya karena maro (bagi hasil) keuntungan yang didapat juga separo atau setengah. Namun jika kalian memiliki tekat yang kuat dan sabar, tentunya lama kelamaan akan banyak yang diperoleh walau dengan dimulai dengan sistem gaduh ini.

Itulah ulasan mengenai ternak kambing sistem bagi hasil atau gaduh, semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memulai beternak kambing.