Beberapa Tips Mudah Menghindari Mabuk Saat Minum Alkohol

Mabuk bisa bikin malu sendiri, ya gak sih? Kalau kamu memilih untuk minum alkohol, pastikan untuk melakukannya dengan bijak dan bertanggung jawab. Kadang kita tak ingin minum minuman keras, tapi karena ada tuntutan pekerjaan atau hal lain yang tidak bisa ditolak akhirnya terpaksa untuk melakukannya.

Kadang juga seseorang rela minum minuman beralkohol karena tantangan dari orang lain atau teman dekat. Tapi jika kamu tidak ingin cepat mabuk ketika minum dalam jumlah banyak sekalipun, setidaknya kamu sudah tahu akan tips mudah dari kami yang satu ini ya.

Memang sih minum alkohol dalam jumlah banyak tidak disarankan untuk kesehatan karena nantinya akan mengakibatkan kerusakan hati, diabetes, bahkan sampai kanker. Makanya supaya aman dan tidak sampai mabuk berat yang berakibat mengganggu konsentrasi, ada beberapa cara yang perlu kita lakukan.


tips menghindari mabuk minum alkohol
 

  • Pertama, sebelum minum pastikan perutmu sudah terisi penuh. Sebab makanan dalam perut bisa membantu mengurangi absorbsi alkohol oleh tubuh.
  • Kedua, minumlah air secara teratur selama konsumsi alkohol. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik dengan selalu minum air putih.
  • Ketiga, minumlah alkohol secara perlahan. Jangan langsung menyeruput minuman dalam satu tegukan besar. Tipis-tipis saja dan nikmati setiap tegukan.
  • Keempat, kenali batas dirimu. Tentu saja, hindari untuk minum terlalu banyak. Tahu kapan harus berhenti sebelum mabuk itu sangat penting agar kamu terhindar dari mabuk berat.
  • Terakhir atau kelima, pastikan untuk memiliki teman yang bisa diandalkan di sekitarmu. Mereka bisa membantumu mengenali tanda-tanda mabuk dan memberikan bantuan jika diperlukan. Misalnya teman kamu bisa membantu mengendarai kendaraan dan kamu menumpang, jangan malah nyetir dalam keadaan mabuk. Itulah pentingnya ketika ada teman lain yang tidak ikutan minum bisa menjadi pertolongan terbaik bagimu.


Tips tambahan ! : Ada yang menyarankan untuk meminum satu sendok makan mentega atau minyak goreng supaya tidak mudah mabuk ketika minum alkohol. Kalian bisa mencobanya misal ada tantangan dari orang lain, sebaiknya siapkan sebuah mentega atau minyak goreng untuk dimakan dahulu.

Yang mudah-mudahan tips tersebut bermanfaat bagi para public relation ketika ada tuntuntuan untuk menemani tamu minum atau pun ada tantangan adu minum dalam jumlah banyak. Cobalah ikuti langkah-langkah yang telah kami sampaikan sehingga Anda terlindungi dari yang namanya mabuk yang berat akibat minum alkohol.

Dari Mana Minuman Alkohol itu Terbentuk

Minuman yang sudah tak asing lagi di kalangan remaja tersebut terbentuk atau dihasilkan dari fermentasi produk alami seperti biji-bijian, buah, atau sayuran yang diberi ragi maupun bakteri supaya mengubah gula menjadi alkohol. Pada dunia kedokteran umumnya alkohol dipakai untuk obat penenang atau antiseptik.

Selain itu juga, alkohol sebenarnya berfungsi juga sebagai anti depresan yang mampu akan memperlambat fungsi syaraf pusat. Untuk itu minum alkohol dalam jumlah kecil dapat memberi manfaat mengurangi rasa cemas serta memberikan rasa santai. Tak heran minuman tersebut banyak ditemukan di sebuah acara pesta.

Meski demikian, jika seseorang konsumsi alkohol dalam jumlah banyak hingga melebihi batas aman, akan berakibat mabuk sehingga berujung pada perubahan emosi dan tindakan di luar kendali.

Baiklah, terima kasih mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan kurang lebihnya kami mohon maaf dan semoga ini menjadi tambahan referensi mengenai tips mudah dalam menghindari mabuk saat minum alkohol.