Cara Hitung 25 gram berapa Sendok Makan? Begini Cara Mudahnya

25 gram berapa sendok makan
 

Bagaimana cara hitung 25 gram berapa sendok? Hal tersebut seringkali dipertanyakan banyak orang. Bagaimana tidak, ukuran paling mudah dan terjangkau ini dengan menggunakan ukuran sendok makan. Banyak hal yang mengukur dengan alat makan sehari-hari tersebut.

Mungkin Anda seringkali menemui resep makanan yang menggunakan ukuran gram, seperti tepung 100 gram, gula 20 gram, dan lain sebagainya. Tentunya itu akan menyulitkan bagi orang yang tidak punya alat ukur.

Namun, tenang karena Anda juga bisa mengukur menggunakan ukuran sendok makan. Tiap bahan makanan memiliki ukuran dan kepadatan yang berbeda sehingga tidak semua bahan makanan sama ketika dihitung menggunakan ukuran sendok.

Cara Hitung 25 Gram Berapa Sendok Makan Tepung?


Tepung jadi salah satu bahan makanan yang seringkali membutuhkan ukuran sendok, seperti pada kebanyakan resep membuat kue. Kesalahan gram dapat mempengaruhi konsistensi kue, rasa dan lain sebagainya.

Selain itu, kesalahan gram bisa jadi membuat rasa makanan atau kue tidak konsisten. Jika Anda membuat makanan untuk kebutuhan dijual tentunya harus memiliki rasa yang konsisten enak setiap saatnya.

Ukuran gram berbagai macam tepung kurang lebih sama, seperti tepung maizena 1 sendok makan sekitar 12 gram, jadi ukuran 25 gram sekitar 2 sendok makan. Jika Anda butuh 75 gram tepung maka butuh sekitar 6 sendok makan tepung maizena.

Sementara itu, 1 sendok makan tepung terigu sekitar 10 gram, jika Anda butuh 250 gram maka butuh 25 sendok makan tepung terigu. 25 gram tepung tapioka, tepung beras, dan tepung jagung sekitar 1,5 sendok makan.

25 Gram Berapa Sendok Garam atau Gula?


Mengukur gula dan garam untuk makanan sedikit mungkin mudah dengan istilah “secukupnya”, tapi bagaimana ketika butuh untuk hidangan yang cukup banyak? Atau membuat sesuai porsi untuk kebutuhan makanan tertentu yang menggunakan gram?

Anda juga bisa mengukur dengan ukuran sendok. 25 gram sendok makan setara juga dengan 2 sendok gula halus, 1,5 sendok makan gula pasir, gula merah, sedangkan 25 gram garam setara dengan 2,5 sendok makan.

25 Gram Berapa Sendok Makanan?


Selain bahan makanan, Anda juga bisa mengetahui ukuran gram ke ukuran sendok makan pada bahan makanan olahan yang sudah matang, misal sayur, lauk, ataupun nasi. Terkadang ukuran ini penting kebutuhan menghitung kalori bagi yang sedang diet.

25 gram nasi setara dengan 2 sendok makan nasi. Jadi, misal Anda harus makan 100 gram nasi maka butuh 6-7 sendok makan. 25 gram jagung pipil sekitar 2,5 sendok makan. Setara dengan 5 sendok makan mie basah, dan 2,5 mie kering rebus.

Baca juga : Menghitung 150ml ada Berapa Gelas

Selain itu, banyak sayur matang yang ukurannya hampir sama untuk setiap sendoknya, yaitu sekitar 10 gram, jadi ukuran 25 gram setara dengan 2,5 sendok makan. Contoh, sayur wortel, urap, sayur bayam, kangkung, tumis taoge, dan lain-lain.

Beda Sendok dan Pengambilan

Perlu Anda ketahui bahwa tiap ukuran juga tergantung dengan sendok yang Anda gunakan. Ukuran sebelumnya menggunakan sendok makan aluminium pada umumnya di Indonesia dengan takaran biasa.

Selain itu, jika Anda mengambil tiap sendok tidak penuh satu sendok mungkin ukuran akan lebih sedikit, sebaliknya jika mengambil banyak hingga bahan menggunung pada sendok maka bisa jadi ukuran gramnya jadi lebih banyak.

Penutup

Itulah cara hitung 25 gram berapa sendok, tentunya itu tergantung bahan apa yang diukur, selain itu bentuk sendok dan pengambilan akan mempengaruhi ukuran. Kembali lagi, penggunaan timbangan bahan terstandar akan lebih akurat.