Apa itu Visitor? Ini Penjelasannya

pengertian dari visitor


Sebagai pelaku usaha khususnya di dunia online secara umum dan khususnya pada sosial media dan juga website, tentu tidak asing lagi dengan istilah “visitor”. Namun kalian yang baru dengan kata tersebut mungkin masih bingung akan maksudnya. Nah disini kita bakal menjelaskannya secara rinci.


Visitor termasuk kata dalam bahasa inggris, dimana penggunaan kata ini juga bisa dijumpai pada artikel, majalah, buku, maupun saat pembelajaran di sekolah. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia visitor adalah (kata benda) artinya; pengunjung, tamu.


Di dalam dunia web, visitor itu merupakan seseorang yang pergi/mengunjungi situs atau website. Menjadi satu hal penting dari pemilik blog adalah adanya page view atau pengunjung halaman, visitor sendiri bisa datang melalui pencarian (search engine), dari mengakses alamat website, maupun link aktif dari sosial media.


Ada 4 Jenis Visitor, Yaitu;


  1. Direct visitor : Yaitu mereka yang tiba di situs Anda dengan mengetik alamatnya langsung pada halaman browser.
  2. Referral visitor : Mereka yang datang dari situs lain melalui tautan yang disematkan.
  3. Social visitor : Mereka yang datang dari platform media sosial lainnya.
  4. Organic search visitor : Mereka yang tiba di situs Anda setelah melakukan pencarian terlebih dahulu melalui mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.


Baca juga : Apakah Pengertian dari VPS


Istilah Terkait dengan Visitor


- Pageviews 


Ini juga dikenal sebagai Impression merupakan momen ketika pengguna memuat atau memuat ulang sebuah halaman web, atau melakukan navigasi di dalam satu situs web yang sama.


- Unique Visitor


Yaitu jumlah individu yang berbeda, yang menjelajahi satu atau lebih halaman situs web Anda dalam periode waktu tertentu, tanpa memperhitungkan seberapa sering mereka mengakses halaman tersebut.


- Bounce Rate


Adalah persentase dari pengunjung yang keluar atau meninggalkan dari sebuah halaman tanpa melakukan tindakan lanjutan seperti mengklik tautan atau mengisi formulir.


- Number of Visits


Adalah total pengunjung yang memasuki situs web dalam rentang waktu tertentu. Data jumlah kunjungan dapat menggambarkan tingkat aktivitas pengunjung dalam sebuah situs web dalam rentang waktu tertentu, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dengan data ini, Anda dapat melacak perubahan pola kunjungan pengunjung apakah mengalami peningkatan, stabil, atau penurunan dari waktu ke waktu.


- Hits


Merupakan permintaan dari pengguna browser kepada server web terkait semua elemen di halaman situs web. Ini bisa berupa gambar, html, javascript, css, bahkan permintaan yang menghasilkan respon error 404 atau 500. Total interaksi akan selalu lebih besar daripada jumlah visitor, pageview, atau unique visitor. 


Sebagai contoh, ketika seorang pengunjung mengakses situs web yang memiliki 15 gambar, 1 file css, dan 1 file javascript, maka akan dihitung sebagai 1 kunjungan ditambah 17 interaksi, sehingga totalnya adalah 18 interaksi. Data hit (interaksi) ini merupakan data mentah yang paling dasar, sehingga sebaiknya tidak dijadikan acuan utama dalam mengukur jumlah kunjungan sebuah situs web.


Penutup


Semoga penjelasan dari kami mengenai apa yang dimaksud dengan visitor memberi petunjuk makna bagi kalian semua. Tentunya dengan mengerti arti kata nantinya akan memudahkan kita dalam memahami dan menyampaikan dalam komunikasi sama orang lain menjadi tidak salah dalam menanggapi.

1 komentar