Asal Usul Makanan Tempe Mendoan

Asal Usul Makanan Tempe Mendoan

Asal Usul Makanan Tempe Mendoan - Mendoan mungkin bagi sebagian orang asing ditelinga dengan nama kuliner tradisonal Indonesia ini. Namun, untuk sebagian besar masyarakat yang ada di Pulau Jawa nama makanan kuliner tempe mendoan bukanlah hal yang asing. Kuliner tempe mendoan sering kita temukan bila kita mengunjungi kawasan Jawa Tengah, khususnya di kawasan daerah Banyumas, Cilacap, Purwokerto dan sekitarnya.

Makanan ini terbilang sangat unik, terbuat dari tempe yang di iris tipis, lalu dicampurkan dengan adonan bumbu-bumbu yang khas tradisional Indonesia yang di jadikan satu dengan tepung terigu, lalu di goreng setengah masak. Sebagai teman makan tempe mendoan ini sering menggunakan sambel kecap manis, yang diberi bawang merah, dan cabe rawit serta sedikit garam sebagai pelengkap. Kuliner tempe mendoan disantap pada saat masih hangat sebagai teman minum teh atau ngopi.

Tentu dari para sobat bertanda tanya dalam hati. Mengapa tempe ini di gorengnya setengah matang ? Bila kita melihat dari asal usul kuliner tempe mendoan ini yang berasal dari Banyumas. Kata "Mendoan" yang berasal dari kata "Mendo" itulah yang merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Banyumasan yang berarti setengah matang. Jadi tempe ini di goreng hanya setengah matang saja. Kalau digorengnya matang, bukan menjadi tempe mendoan, tapi menjadi tempe goreng atau tempe kemul biasa. He,,he,,, he,,,,

Medoan ini bisa anda rasakan dari ujung lidah hingga ke hati, dan nikmati sensasi perpaduan bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang khas di setiap kunyahannya. Hm....pasti bikin ketagihan lho.

Kandungan Mendoan :
Mendoan mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 4,89 gram, karbohidrat 16,19 gram, lemak 1,04 gram, kalsium 26 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,01 miligram.  Selain itu di dalam Mendoan juga terkandung vitamin A sebanyak 9 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Mendoan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

➧ Baca juga : Resep Membuat Tempe Mendoan

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Mendoan :
Nama Bahan Makanan : Mendoan
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Mendoan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Mendoan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Mendoan = 92 kkal
Jumlah Kandungan Protein Mendoan = 4,89 gr
Jumlah Kandungan Lemak Mendoan = 1,04 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Mendoan = 16,19 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Mendoan = 26 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Mendoan = 47 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Mendoan = 2,01 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Mendoan = 9 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mendoan = 0,05 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Mendoan = 0 mg

1 komentar

  1. Tempe mendoan asli bukan dibuat dari tempe yang diiris tipis tapi dari tempe yang dibuat khusus untuk mendoan dan biasanya dibungkus daun. Kalau dari tempe yang diiris tipis ..orang Banyumas menyebutnya tempe kemul

    BalasHapus