Cara Membuat Sambal Pecel

Resep Membuat Sambal Pecel

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya, ada satu sajian makanan yang disebut nasi pecel. Nasi pecel terdiri dari nasi, lauk pauk, dan pecel. Sebagai lauk biasanya telur rebus. Pecel terdiri dari berbagai sayuran hijau, seperti bayam, kacang panjang, tauge, bunga turi dan dilengkapi dengan sambal.

Umumnya sambal pecel ini dibuat terlebih dahulu dan berbentuk padat kemudian diencerkan ketika akan dikonsumsi. Sambal pecel ini dapat bertahan cukup lama, sehingga dibeberapa tempat diperdagangkan sebagai sambal padat saja yang dikemas dalam plastik. Untuk pembuatan sambal pecel, berikut disajikan bahan dan cara membuatnya :  


Bahan
- Kacang tanah goreng yang dihaluskan 250 g
- Cabe rawit merah 30 g
- Cabe merah 4 buah
- Daun jeruk parut 2 lembar
- Bawang putih 4 siung
- ½ ruas ibu jari
- Asam 4 biji
- Garam ¾ sendok makan
- Gula kelapa disisir halus 125 g
- Gula pasir 1 sendok makan


Cara pembuatan :
- Kacang tanah goreng dihaluskan, lalu tambahkan bumbu lainnya dan guling lagi hingga halus.
- Tmbahkan air secukupnya untuk mengencerkan dan sambal kacang siap dikonsumsi.

Selain untuk pecel, bumbu ini juga dapat digunakan untuk lotek. Namun, kalau untuk lotek bumbu diberi tambahan sedikit terasi. Selain itu bumbu lotek dibuat bersamaan dengan waktu meracik sayuran. Lotek biasanya dimakan bersama lontong.

Beberapa jenis sate juga menggunakan sambal kacang. Sate ayam Madura menggunakan sanbal kacang. Sate kambing pun ada juga yang menggunakan sambal kacang.

Baca juga : Resep Membuat Tempe Mendoan