9 Jun 2015

Cara Memblokir Iklan Pop Up di Mozila Firefox



Saya sering sekali menjumpai iklan pop up di browser Mozila Firefox dan alhamdulillah sekarang sudah tidak muncul lagi. Iklan pop up yang sering sekali saya jumpai pada ziddu .com. Tidak hanya pada situs ziddu.com, situs lain yang memasang ilkan pop up juga saya kerap menjumpai. Kalau yang belum tahu pasti akan kaget ketika kita klik pada situs tersebut maka akan muncul tab baru yang menawarkan aplikasi untuk di unduh atau yang lainnya.

Karena sudah saya blokir iklan pop up tersebut pada mozila firefox maka tidak muncul lagi. Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai pop up, ada 2 cara untuk memblokirnya yaitu melalui setting pada browser atau dengan menggunakan  aplikasi Add-ons. Tetapi sebelumnya Anda ketahui dulu tentang pop up.

Apa si Pop Up itu?

Jendela pop-up, atau secara singkat pop-up, merupakan jendela yang muncul secara otomatis tanpa permisi, tanpa Anda merasa telah membukanya. Ukuran jendela bervariasi namun biasanya tidak menutup keseluruhan layar. Sebagian pop-up membuka di atas jendela aktif Firefox, sementara yang lain muncul di bawah Firefox (pop-under).
Anda dapat mengontrol pop-up maupun pop-under pada Firefox melalui Panel Isi di Pengaturan. Pemblokir pop-up diaktifkan secara default, supaya Anda tidak perlu khawatir harus menghidupkannya untuk menghindari pop-up yang muncul di Firefox.

Beberapa situs web, termasuk diantaranya situs internet banking, menggunakan pop-up untuk menjalankan fitur pentingnya. Memblokir semua pop-up akan mematikan fitur-fitur tersebut. Untuk mengizinkan situs web tertentu untuk menggunakan pop-up dan tetap memblokir yang lain, Anda dapat menambah situs web tertentu ke dalam daftar situs yang diizinkan.

 Cara pertama untuk memblokir iklan Pop Up
1. Buka terlebihdahulu Firefox Anda. Selanjutnya klik pada daftar menu yang terletak di sisi pojok kanan atas kemudian klik Options, maka jendela yang berisi semua opsi akan terbuka.

2. Lalu klik pada tab Content, kemudian centang pilihan “Block pop-up windows” untuk memblokir pop up.

3. Jika Anda ingin memberikan pengecualian pada beberapa situs yang tidak ingin diblok, silahkan klik pada tombol Exception, kemudian masukkan alamat situs pilihan Anda pada form yang disediakan.


Cara kedua untuk memblokir iklan Pop Up
1. Seperti biasa pastikan Mozilla Firefox Anda telah dibuka
2. Kemudian Anda install Add-Ons Adblock Plus dengan cara buka halaman ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/adblock-plus/

3. Klik pada tulisan Add to Firefox kemudian klik Allow
4. Biarkan proses instalasi berjalan, kemudian klik Restart Now
Setelah terinstal maka secara otomatis iklan  baik pop up ataupun bukan tidak muncul lagi, jadi untuk Anda yang punya blog ataupun wordpress jangan bingung kalau iklan yang telah Anda pasang pada blogger atau wordpress tidak muncul berarti Adblock dalam keadaan aktif.
Untuk menonaktifkan tinggal klik icon Adblock plus (ABP)  dan beri tanda centang pada tulisan Disable Everywhere.


Memblokir pop-up tidak selalu berhasil, Walaupun Firefox memblokir hampir semua pop-up, beberapa situs web mungkin tetap dapat menampilkan pop-up menggunakan metode yang belum diketahui, walaupun telah diatur untuk diblokir.
Tetapi setidaknya dengan tutorial di atas bisa membantu mengurangi pop up yang sering muncul pada browser Anda, terimakasih.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon