31 Jul 2015

Cara Mengecek Kapasitas RAM Android


Mengecek Kapasitas RAM Android
Mengecek RAM bawasanya supaya kita tahu besarnya RAM android yang kita gunakan. Karena pertimbangan utama sebuah android adalah pada kapasitas besar/kecilnya RAM. Cara mengecek RAM merupakan hal yang gampang bagi yang sudah tahu, walaupun gampang tetapi hal sangat penting disaat kita mau membeli android harus tahu terlebihdahulu besarnya RAM supaya tidak menyesal dikemudian hari.

RAM (Random Access Memory) adalah ruang penyimpanan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Di dalam RAM inilah tempat proses penyimpanan dan mengambil data dilakukan dengan cepat. Ini berbeda dengan yang namanya memori internal ponsel ataupun ROM. Yang membedakannya antara RAM dengan memoti internal ataupun ROM, salah satunya adalah cara kerja RAM lebih cepat. Ketika penggunaan ram semakin banyak itu artinya semakin banyak juga daya ponsel yang tersedot.

Jadi RAM yang bekerja pada ponsel sangat berbeda kalau dibanding yang ada di PC (komputer). Apabila Anda telah download aplikasi dan kemudian diinstall pertama akan dimauat dalam RAM yang kemudian dieksekusi. Aplikasi akan tetap dalam RAM meski Anda tidak menggunakan lagi hanya sajaaplikasi dipindah ke background. Bila ingin menggunakan aplikasi tersebut dengan cepat sudah tersedia sebab tersimpan di RAM. Dengan penggunaan aplikasi secara terus menerus, aplikasi yang telah Anda dapatkan akan disimpan dalam RAM asalkan kapasitas mencukupi

Itulah pentingnya RAM untuk perangkat android dan yang lainnya. Makanya sebagai seorang penggemar android wajib tahu cara mengecek kapasitas RAM, jangan hanya minta bantuan teman terus. Cara mengecek kapasitas RAM cukup sederhana, bisa anda lihat berikut ini.

  • Anda buka menu android pilih 'Setting/Pengaturan' 
  • Berikutnya pilih menu 'Aplication' 
  • Lalu 'Manage Aplication' dan gulir ke kanan sampai ke layar 'Running'
  • Setelah anda klik running, maka akan terlihat RAM yang sudah dipakai biasanya diberi warna biru dan sisa dari pemakaian yang diberi warna abu.
Baca juga : Cara Meningkatkan RAM Smartphone Android

Begitulah cara mengecek kapasitas RAM android, sangat simpel bukan?  Dengan begitu Anda tidak usah repot-repot meminta orang lain untuk mengecek kapasitas RAM android Anda.

Selain itu sebelum Anda membeli android satu poin penting yang harus diketahui adalah kapasitas RAM. Semakin besar RAM semakin baik pula android tersebut.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon