4 Agustus 2015

Cara Meningkatkan RAM Smartphone Android


Ketika Anda sudah memiliki smartphone kadang ada waktu dimana smartphone anda dapat mulai merasa lambat. Dikarenakan juga aplikasi smartphone ada yang membutuhkan RAM yang kecil dan ada yang lumayan besar. Padahal bukan keinginan kita untuk menjadi seperti itu, sehingga hal tersebut menjadi sebagian dari masalah.

Apa itu RAM (Random Access Memory)?

RAM merupakan ruang penyimpanan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Misalkan, ketika Anda mengedit foto baik foto dan aplikasi yang Anda gunakan untuk mengedit berada di RAM perangkat; ketika Anda selesai mengedit foto tersebut kemudian disimpan ke perangkat penyimpanan Anda sehingga tidak bisa hilang. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin Anda dapat lakukan lebih banyak lagi, jadi misalnya Anda dapat memiliki tab browser yang lebih terbuka, maka lebih banyak aplikasi berjalan atau lebih dalam sebuah RAM.


Bagaimana meningkatkan RAM?
Sekarang mungkin anda sudah tahu apa itu RAM. Dengan begitu akan diberikan cara untuk meningkatkannya, caranya mudah anda pasti bisa. Cara ini bisa menigkatkan RAM android walaupun hanya sedikit meningkatkannya akan tetapi bisa bermanfaat untuk anda.


Pertama dari hal yang kecil tapi sebenarnya memakan RAM adalah 'widget dan wallpaper hidup'
Sebagai aturan praktis , semakin telepon Anda melakukan lebih banyak RAM yang digunakan, jadi jika Anda dapat mengurangi apa yang berjalan Anda dapat membebaskan lebih banyak memori untuk tugas-tugas yang benar-benar penting yaitu dengan membatasi widget dan wallpaper hidup.

Dengan menonaktifkan aplikasi
Seperti yang sudah dikatakan bahwa aplikasi ada yang membutuhkan RAM kecil dan ada yang lumayan besar. Jadi nonaktifkan saja aplikasi yang pemakainnya besar dan pakai aplikasi yang benar dibutuhkan saja, sehingga tinggalkan atau hapus aplikasi tidak penting.
Untuk menonaktifkan aplikasi, masuk ke 'Settings' dan kemudian 'Apps atau Aplikasi Manager'. Selanjutnya, pergi ke tab 'Semua' untuk menampilkan daftar semua aplikasi yang ada di perangkat Anda . Untuk menonaktifkan aplikasi, tekan, lalu ketuk Nonaktifkan dan konfirmasi.

Nonaktifkan animasi
Animasi sering mencuri RAM dan cukup esensial; Anda dapat mengatur ini dalam Developer Options(pilihan pengembang). Untuk mengaktifkan Developer Options pada perangkat Anda , pergi ke 'Settings' , lalu 'Tentang Telepon' dan kemudian tekan pada nomor membangun sekitar tujuh kali sampai memberitahu Anda bahwa Anda telah menjadi pengembang. ( Harap dicatat bahwa ini tidak memiliki efek negatif pada perangkat Anda , itu hanya menambah menu pilihan pengembang dalam pengaturan Anda . Anda hanya perlu berhati-hati ketika mengotak-atik di sana ).

Setelah Anda melakukan ini, kembali ke pengaturan telepon Anda dan gulir ke bawah untuk Developer Options. Selanjutnya, pergi ke bagian Menggambar dan mematikan pilihan berikut.

   - Skala animasi jendela
   - Skala animasi transisi
   - Skala durasi animator


Mungkin seperti itu dan semoga hal tersebut sedikitnya bisa membantu Anda.
Apakah setelah melakukannya, saran ini bekerja untuk Anda ? Apakah Anda tahu ada cara lain yang lebih baik dari ini untuk mendapatkan lebih banyak RAM ?

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon