Manfaat dan Kandungan Gizi Kacang Tanah

Daftar Isi
manfaat dan gizi kacang tanah

Kacang Tanah adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceace yang dibudidayakan, serta menjadi kacang kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Kacang tanah yang memiliki sejumlah kandungan gizi yang banyak sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain orang suka kacang tanah karena kandungan gizinya, kacang tanah juga menjadi sumber penghasilan para petani Indonesia.

Kacang tanah dalam bahasa Inggris disebut groundnut atau peanut, sedangkan di Indonesia dikenal juga dengan istilah kacang brudul atau kacang brul (Jawa) karena letaknya dalam tanah dan pemanenan dilakukan dengan mencabut tanaman beserta polongnya. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, dan telah diusahakan sejak 1500 tahun sebelum masehi oleh bangsa Inca dan India Maya.
 
Terdapat tiga tipe kacang tanah yang telah dibudidayakan, yakni :spanish, valensia, dan Virginia. Tipe spanish banyak ditanam di Indonesia, sedang virginia ditanam di Amerika.
Perbedaan morfologi keduanya yaitu :
Bagian Tanaman Spanish & Valensia Virginia
Batang Tegak Menjalar
Cabang utama Dari ruas berurutan dari ruas berseling
Warna daun Hijau muda Hijau tua
Letak bunga Batang utama & cabang2 Cabang
Letak polong Pangkal batang Ruas cabang
Jumlah biji/polong 2-4 2
Ukuran biji 3-7 mm 12 mm
Warna biji Putih,merah, ungu Merah muda/coklat
Dormansi biji Tidak ada Sekitar 2 bulan
Umur panen 80-100 hari 150-170 hari
Daya hasil 3 t/ha 4,5 t/ha
Adaptasi Daerah tropis Daerah subtropics

Kacang tanah disemua benua, mulai dari Asia 55,6%, Afrika 295%, Amerika 15%, Eropa 0,1%, dan Australia 0,2%, dengan Negara terluas penanamannya adalah India. Di Indonesia areal penanaman kacang tanah yang terluas adalah Jawa Timur.

Manfaat Kacang Tanah


- Bantu dalam peraturan gula darah
- Membantu meningkatkan kesuburan
- Membantu fight depresi
- Membantu mencegah batu empedu
- Membantu tingkat kolesterol rendah
- Meningkatkan daya power atau kekuatan
- Penurunkan resiko penyakit jantung
- Resiko menurunkan berat badan dan masih banyak lagi

Kandungan Gizi Kacang Tanah


Biji kacaang tanah mengandung protein sebanyak  12,2-28,8% dan lemak antara  44,2-5%. Melalui teknik pengepresan hidrolik, kadar protein dapat ditingkatkan menjadi  40-80% dan kadar minyak dapat diturunkan hingga 10%. Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.

Penggunaan hasil kacang tanah sangat beragam, mulai dari industri rumah tangga hingga industri pangan modern. Secara tradisional masyarakat telah sering menggunakan kacang tanah sebagai makanan ringgan. Pengolahannya pun cukup sederhana, seperti dengan perebusan, penyanganan, dan penggorengan.

Posting Komentar