Apa itu KCU dan KCP, Ketahui Perbedaannya

Daftar Isi

perbedaan kcu dan kcp
 

Mungkin Anda pernah melihat tulisan di kantor sebuah bank atau mendengar kata KCU dan juga KCP. Jika ini baru pertama kali mungkin kedengarannya asing, tapi akan sangat umum bagi pegawai bank itu sendiri.

Nah ternyata kedua kata itu merupakan sebutan dari pada sebuah Bank yang ada di setiap daerah kabupaten dan kota. Tapi kalau belum adanya penjelasan mengenai kedua istilah antara KCU dan KCP seringkali membingungkan, terutama bagi mereka yang tidak berkecimpung dalam dunia perbankan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda dari singkata kedua kata itu, perbedaannya, hingga fungsi.

Apa kepanjangan KCU dan KCP

Ternyata kedua kata itu merupakan singkatan yang dipakai untuk sebutan suatu kantor Bank.

KCU = Kantor Cabang Utama
KCP = Kantor Cabang Pembantu

Kalau kita lihat dari kepanjangannya saja sudah cukup jelas bedanya dari kedua istilah itu. Tapi untuk lebih pasti dan tambah paham, simak berikutnya di bawah ini.

Perbedaan dan Fungsi


KCU adalah kantor cabang yang dibuka di salah satu kota atau daerah kabupaten sebagai perwakilan langsung dari kantor pusat.

Sedangkan untuk KCP merupakan kantor perwakilan yang ada di daerah-daerah dan dibawah kantor cabang utama (KCU).

Kemudian perbedaan yang berikutnya, kalau KCU memiliki gedung yang lebih besar dan luas sebab melayani lebih banyak nasabah, sehingga terkadang ketika kita datang ke KCU akan mengalami antri yang cukup panjang, terutama jika hendak mengambil uang lewat teller.

Sedangkan KCP memiliki gedung yang lebih kecil, secara fungsi keduanya sama-sama melayani nasabah untuk membuka rekening tabungan, ganti kartu ATM, dan lain sebagainya.

Baca juga : Arti Valid Thru di Kartu ATM

Hanya saja layanan yang bisa dilakukan oleh KCU tapi tidak bisa dilakukan oleh KCP adalah seperti ini :

Misalnya Anda adalah orang Bandung yang sudah memiliki rekening tabungan dan ATM, dan saat ini Anda sedang tinggal di Bekasi. Akan tetapi Anda kehilangan kartu ATM dan ingin segera membuat yang baru di Bekasi.

Maka yang harus Anda kunjungi adalah ke KCU bukan KCP, sebab KCP hanya untuk membantu nasabah daerah atau wilayah Bekasi.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai istilah KCU dan KCP yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan kini Anda jadi paham perbedaannya dari kedua singkatan dalam perbankan dan menjadi nasabah yang lebih bijaksana.

Posting Komentar