9 Agu 2015

Ternyata Bawang Merah Dapat Membantu Meredakan Demam



Apakah betul bawang merah dapat membantu meredakan demam. Bawang merah yang sudah cukup akrab kita kenal dalam kehiddupan sehari-hari untuk  bumbu memasak yang tidak bisa ditingggalkan. Namun ternyata bawang merah selain bermanfaat untuk memasak, ternyata bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin. Kandungan minyak tersebut sangat efektif untuk membantu menurunkan suhu tubuh atau demam terutama yaitu pada anak.

Bagi orang tua jaman dulu sudah menggunakan bahan tradisional tersebut secara turun temurun untuk mengobati meredakan demam. Sedangkan di era modern ini ketika orang mengalami sakit tak lepas dari obat yang mudah diperoleh, padahal justru jika terlalu sering mengandalkannya akan ada efek berbahaya.

Walau dibilang kuno, bahan alami ini tidak memiliki efek apapun bagi tubuh apalagi ini untuk anak-anak akan sangat dianjurkan dan wajib diketahui terutama orang tua. Adapun cara mengolah bawang merah menjadi obat penurun demam sangatah sederhana.

Cara membuat bawang merah sebagai pereda Demam

Caranya cukup dengan 5 butir bawang merah yang sudah dikupas kulitnya. Selanjutnya bawang merah diparut atau dihaluskan, diiris tipis juga bisa kemudian tambahkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih secukupnya.

Setelah itu balurkan atau usapkan pada tubuh anak, terutama pada bagian ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan, dan telapak kaki. Setelah itu biarkan anak untuk itirahat/tidaur.

Dengan melakukan cara tradisional ini secara rutin 2-3 kali sehari insya Allah anak akan segera sembuh. Dengan catatan jika anak baru merasakan demam, artinya demam belum sampai berat. Kalaupun demam sudah sangat buruk sebaiknya segera bawa ke dokter.

Artikel Terkait

Load comments