2 Nov 2015

Mengetahui Perbedaan Antara Cinta dan Sayang


Mungkin dari anda ada yang pernah merasakan cinta dan kasih sayang dari orang lain. Tapi saya yakin walaupun belum memperoleh cinta dan kasih sayang dari orang lain setidaknya sudah pernah mendapatkan kasih sayang dari orang tua. Lalu apa yang dimaksud cinta dan apa pula sayang menurut pendapat dan pemikiran anda.
Antara Cinta dan Sayang
Sebelum membahas perbedaannya, kita ketahui dulu pengertian cinta dan sayang menurut beberapa pendapat yang kami peroleh.
Cinta adalah sesuatu yang suci, anugerah Tuhan dan sering tidak rasional. Cinta dipenuhi nuansa memaklumi dan memaafkan. Kesabaran, kesetiaan, pengertian, pemberian dan pengorbanan akan mendatangkan/menyuburkan cinta, sementara penyelewengan, egoisme, kikir dan kekasaran akan menghilangkan rasa cinta.
Cinta adalah ketertarikan hebat yang tidak masuk akal, agar sepasang jiwa mengupayakan kebersamaan sebagai pasangan yang menghasilkan keturunan yang melanjutkan kehidupan.

Setelah mengetahui pengertian cinta, lalu bagaimana dengan sayang. Pengertian sayang hampir mendekati cinta tapi cukup jelas perbedaannya setelah anda mengetahui semua.
Sayang adalah satu rasa yang tulus, bukan sekedar rela dan siap melepas seseorang yang kita cintai dan kita sayangi. Tulus untuk mencintai dan sayang kepad orag terkasih dengan melihat dia lebih bahagia dengan orang yangg dia cintai itulah cinta yang murni di hati kita dan cinta tak akan tumbuh jika Allah yang Maha Kuasa atas segalanya tidak menghendakinya.
Sayang adalah keputusan sadar untuk menjadikan kebersamaan seseorang dengan pribadi pilihannya sebagai sahabat yang membesarkan kehidupan.

Setelah mengetahui dari kedua pengertian cinta dan sayang tentu sudah semakin jelas dengan perbedaannya. Untuk lebih jelasnya berikut kami ulas lebih dalam perbedaan antara cinta dan sayang,

Cinta
Seperti yang telah disebutkan bahwa cinta merupakan sesuatu yang suci, dan anugerah dari yang Maha Pencipta serta banyak orang yang bilang bahwa cinta tidak rasional. Cinta umumnya dipenuhi dengan rasa saling memaklumi dan juga memaafkan. Cinta identik dengan hal yang saling melengkapi di antara satu sama lain karena cinta akan terasa sempurna ketika anda mampu menerima kekurangan dari pasangan anda. Cinta ini muncul karena adanya rasa ingin saling memahami dan juga mengerti. Cinta sendiri didefinisikan sebagai anugerah Tuhan yang terindah karena melalui cinta anda akan mendapatkan keajaiban mulai dari rasa bahagia, sedih, sakit dan juga menderita.

Sayang
Dimulai dari memahami definisi sayang. Sayang umumnya didefinisikan sebagai rasa yang tulus, bukan hanya sekedar rela dan juga siap melepas seseorang yang anda sayang dengan pertimbangan bahwa orang tersebut akan lebih bahagia. Sayang juga relative mendekati cinta karena sayang muncul karena adanya sesuatu dari diri seseorang sehingga akan membuat anda sayang terhadap orang tersebut. Namun, banyak orang yang mengatakan bahwa sayang belum tentu cinta dan cinta sudah pasti sayang.

Kesimpulannya adalah bahwa pada dasarnya cinta terjadi secara umum antara lawan jenis(pria dan wanita), sedangkan untuk sayang dapat berati untuk semua orang termasuk sesama.
Sayang itu lebih bersifat abadi. Ketika kita sayang sama seseorang maka kita takut kehilangannya. Tetapi cinta bisa berubah menjadi benci. Rasa sayang membuat kita ingin memiliki dan dimiliki. Rasa cinta membuat kita ingin menguasai.

Artikel Terkait

Load comments