15 Des 2015

Cara Cek Kapasitas RAM Laptop atau Komputer



Cara cek kapasitas RAM laptop atau komputer sangat penting dilakukan untuk mengetahui pemakaian dan sisa pemakaian RAM pada laptop atau komputer kita. Secara umum setiap orang yang memiliki sebuah perangkat komputer sendiri pasti sudah tahu kapasitas RAMnya, ada yang 1,5 GB seperti yang saya miliki dan sampai lebih tinggi lagi. Dengan mengetahui berapa kapasitas RAM tersebut supaya anda bisa menyesuaikan aplikasi mana yang sesuai dan tidak sesuai untuk dipasang pada komputer.
Cek Kapasitas RAM Laptop
Source : http://www.hometekno.com

Semakin besar kapasitas RAM semakin baik kerja komputer anda, kalau kapasitasnya sedikit aplikasi yang tersimpan pun hanya memuat sedikit saja. Seperti halnya seorang gamer dan desainer yang memiliki banyak koleksi dari karyanya maka membutuhkan laptop atau komputer dengan RAM yang mumpuni sehingga hasilnya maksimal. Berbeda dengan seorang yang sehariannya mengetik maka RAM kecil pun tidak menjadi masalah karena aplikasi yang digunakan tidak terlalu besar.


Cara Cek RAM Laptop atau Komputer
Seperti saya waktu belum mengetahi cara ini, sering ketika membuka sebuah aplikasi tiba-tiba muncul sebuah peringatan bahwa sisa RAM sedikit maka hapus beberapa aplikasi pada program anda. Sempat bingung karana belum mengetahui berapa besar pemakaian dan berapa sisa RAM yang masih ada. Jadi saya hanya tahu keseluruhan saja yaitu melalui klik kanan pada My Computer > lalu Properties

Tapi sekarang cara cek kapasitas RAM laptop atau komputer tidak memakai itu lagi karena menurut saya kurang lengkap. Akan saya berikan informasinya yang lengkap dan semoga saja bermanfaat. Caranya mudah saja, jika memang anda bertanya mengenai bagaimana si caranya mengetahui kapasitas RAM pada komputer atau laptop? Maka akan saya jelaskan dengan lengkap.

# Anda cari tombol Windows dan tombol huruf R pada keyboard, jika sudah tekan kedua secara bersamaan Windows + R maka selanutnya akan muncul dialog Windows Run.

# Ketikkan atau copy tulisan ini DXDIAG pada isian open yang sudah tersedia.
# Mudah kan... dengan klik Ok sehingga akan terlihat spesifikasi dasar laptop atau komputer kita serta kapasitas RAM lengkap ada disitu.
Cek Kapasitas RAM Laptop

Mungkin cara diatas anda masih kurang paham atau cara itu memang tidak bisa di jalan kan pada komputer anda. Tenang saja masih ada cara lain, coba pakai cara yang kedua ini.

1. Klik Start Menu > Menu RUN
2. Ketik : DXDIAG seperti tadi
3. Ok

Mungkin cukup sekian tentang cara cek kapasitas RAM laptop atau komputer yang mudah dan lengkap ini bisa membantu anda. Selain bisa membantu tugas anda mudah-mudahan bermanfaat juga untuk perkembangan berikutnya. Tidak lupa saya sarankan kepada anda untuk baca artikel lainnya juga dari blog ini, terima kasih.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon