Cara Merubah MBR ke GPT di Windows

Daftar Isi

cara merubah mbr ke gpt
 

Sebelum kita mulai cara convert MBR ke GPT alangkah baiknya kita ketahui tentang istilah keduanya tersebut, kira-kira apa saja yang membedakan. MBR (Master Boot Record) adalah sistem partisi yang semua data pada piringan disk diatur serta dikontrol sama sistem MBR. Sementara GPT atau Guid Partition Table merupakan sistem partisi yang menyimpan datanya di lebih dari satu lokasi, jadi ketika ada kerusakan pada sistem utama masih ada cadangan data.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan antara hardisk atau SSD yang menggunakan sistem pertisi MBR dan GPT, bisa kalian lihat pada tabel berikut:

MBR GPT
Hanya bisa digunakan pada penyimpanan maksimal 2TB Lebih dari 2TB dan hingga maksimal 9ZB
Hanya dapat dibagi menjadi 4 buah primary partition Dapat dibagi hingga 128 primary partition
Data akan disimpan pada sektor pertama Melakukan penyimpanan beberapa kali untuk membuat cadangan

Tentunya setelah melihan kedua perbedaan satu sama lain, bisa disimpulkan kalau partisi GPT punya banyak kelebihan dibandingkan dengan MBR. Jadi tak heran kebanyakan orang menginginkan untuk convert MBR ke GPT saat sebelum install windows.

Mungkin jika kalian masih belum mengetahui ketika hendak install ulang Windows yang awalnya berjalan lancar, tapi saat dipertengahan jalan menjapati pesan “Windows cannot be installed to the disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk”.

Itu maksudnya bahwa Windows tidak dapat diinstall sebab disk berjenis MBR, sementara untuk Windows terbaru hanya bisa diinstall pada disk GPT. Maka dari itu kita perlu mengubah dahulu disk tersebut dari MBR dirubah ke GPT.

Cara Merubah MBR ke GPT melalui CMD


Dalam proses ini bisa kita lakukan saat proses install Windows, dengan melalui Command Prompt dapat dilakukan convert MBR ke GPT dengan mudah. Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan data penting sudah dilakukan backup terlebih dahulu. Sebab nantinya data-data yang ada di harddisk ataupun SSD akan terhapus.

1. Pertama silahkan kamu persiapkan proses install ulang bisa dengan menggunakan Flashdisk yang berisi OS Windows, biarkan proses berjalan hingga perangkat komputer melakukan booting hingga muncul "Install Now". Kalian klik lang lanjut ke tahap berikutnya.

2. Setelah itu kita perlu masuk ke CMD dengan cara menekan tombol Shift + F10 sampai Command Promt terbuka.

3. Langkah berikutnya setelah CMD terbuka, ketikkan diskpart lalu klik Enter



4. Lalu ketik lagi list disk kemudian tekan tombol Enter, perintah tersebut untuk menampilkan partisi HDD



5. Ketika sudah muncul daftar partisi, lalu pilih salah satu partisi yang mau diformat untuk diubah dari MBR ke GPT. Dengan menuliskan perintah select disk 0 atau select disk 1 untuk pilihan yang lain, kalian bisa perhatikan dulu ukuran setiap partisinya untuk memastikan tidak salah pilih.

6. Berikutnya kita perlu format disk dahulu sebelum mengubah sistem partisi, maka pastikan Anda telah backup data di dalamnya. Cara memformatnya dengan menjalankan perintah clean lalu tekan enter

7. Kalau proses format telah berhasil, lahkah terakhir adalah proses mengubah ke GPT dengan menjalankan perintah convert gpt kemudian tekan enter. Tunggu prosesnya hingga selesai sehingga partisi kini sudah berganti dari MBR ke GPT.

Cara Merubah MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data


Satu hal yang menjadi ketakutan kita adalah kehilangan data penting saat melakukan convert disk ke GPT. Seperti yang telah dipaparkan di atas melalui perintah CMD itu memerlukan penghapusan data dalam prosesnya. Nah apakah ada cara lain yang memungkinkan tidak menghapus data hardisk dahulu?

Baca juga : Cara Cek Batas Maksimal RAM Laptop / PC

Iya ada, kita akan melakukannya menggunakan bantuan aplikasi tambahan bernama EaseUS Partition Master. Dan berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan,

1.    Pertama pastikan kalian sudah download dan install aplikasi EaseUS ke perangkat laptop atau komputer

2.    Kemudian setelah itu, buka dahulu aplikasinya maka akan muncul daftar disk beserta partisi yang ada dalam perangkat kalian

3.    Dan bisa langsung memulai merubah MBR ke GPT karena sangat mudah, kalian hanya perlu klik kanan pada partisi yang mau diubah lalu klik opsi "Convert to GPT"



4.    Berikutnya akan muncul sebuah notifikasi yang meninta persetujuan untuk melakukan proses convert, langsung saja klik “Apply”

5.    Terakhir silahkan sabar menunggu hingga proses benar-benar selesai dan ini tidak menghapus data-data kalian di dalam hdd / ssd sehingga akan tetap aman.

Catatan : walau cara ini mengatakan data tidak terhapus, kalau ini pertama kalinya Anda mencoba untuk jaga-jaga sebaiknya data utama untuk di cadangkan (backup) terlebih dahulu supaya memastikan jika terjadi hal diluar kendali data sudah kalian amankan.

Akhir Kata

Itulah cara mengubah partisi disk dari yang tadinya MBR menjadi GPT di Windows baik itu Windows 7, 8, 10 dan 11 yang bisa kalian ikuti. Terima kasih semoga cara merubah mbr ke gpt tersebut memberi solusi untuk Anda.

Posting Komentar