6 Tips Aman Berinternet Menggunakan Smartphone Android

tips aman berinternet di android
 

Sekarang ini semakin mudah saja berinternet, seiring dengan hadirnya smartphone Android disekeliling kita. Sehingga orang akan lebih memilih menjelajah di dunia maya menggunakan smartphone dari pada melalui komputer. Yang pertama karena kecepatan data tidak jauh beda dan mudah dibawa kemana saja dari pada harus bawa laptop. Tapi pengguna komputer juga masih tetep diperlukan seperti di kantor-kantor.

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone Android di seluruh dunia sehingga muncul sebuah tips aman buat Anda jika berinternetan menggunakan smartphone. Ini penting karena tips ini mengenai keamanan data pribadi kita serta meminimalisir perangkat dari tindakan negatif.

Berikut telah kami rangkum, bagaimana cara cerdas menggunakan interner melalui perangkat Android dengan aman.

1. Yang pertama adalah dari Smartphone itu sendiri


Saat pertama membeli sebuah ponsel Android, saran dari kami supaya mempersiapkan pengaturan pengunci layar. Anda bisa mengatur password atau pola yang berguna mencegah orang lain yang mencoba membuka data pribadi Anda.

2. Berhati-hati ketika hendak meng-Install sebuah Aplikasi


Seiring bertambah jumlah smartphone, juga aplikasi pun akan mengikuti perkembangannya. Sehingga tidak dipunggkiri lagi kalau ada aplikasi yang mengandung perangkat lunak berbahaya karena saking banyaknya aplikasi yang beredar. Jadi lebih baik kalau mau unduh sebuah aplikasi kita lihat dulu sebuah komentar dari orang lain yang telah menggunakan.

Selain itu kita juga sebaiknya kalau mau mengunduh aplikasi untuk smartphone, agar melalui situs resmi seperti Playstore. Buat referensi sudah kami buatkan artikel mengenai Situs Tempat Download Aplikasi Dan Game Untuk Android.

3. Jaringan Wi-Fi umum


Harus lebih berhati-hati lagi kalau ada sebuah jaringan Wi-Fi untuk umum. Mungkin pikiran kita kalau mengetahui sebuah jaringan yang gratis akan langsung tertarik. Padahal sebuah jaringan yang dibuka untuk umum yang tidak dikenal bisa saja dimanfaatkan untuk penyalahgunaan informasi data pribadi pengguna Wi-Fi.

Ini bukan berarti saya melarang Anda menggunakan jaringan Wi-Fi umum seperti di kafe internet, alun-alun dan sebagainya. Namun ini sebuah saran keamanan berinternet untuk kita semua sebaiknya kalau Anda menemukan sebuah Wi-Fi umum, untuk hindari dalam memasukkan informasi pribadi seperti jangan login akun yang berkaitan dengan keuangan Anda. Dan jangan melakukan transaksi perbankan maupun belanja dalam jaringan umum tersebut.

4. Jangan klik Link Sembarangan


Kamu tidak boleh terburu-buru ketika ada link yang masuk melalui perpesanan seperti email. Sebaiknya jangan langsung membalas nahkan klik link yang ada, perlu paham betul kalau memang itu dari situs resmi maka akan diawali dengan https.

Selain di email, link mencurigakan juga banyak tersebar di sosial media yang kadang kita sendiri lalai ketika scroll dengan jari malah tak sengaja klik.

5. Pentingnya arahan buat kita yang punya Anak kecil


Kalau anak Anda yang masih kecil sedah mulai mendengar dan mengetahui internet, sebaiknya bekalilah ia ilmu yang positif serta selalu temani main. Harus bisa memberi arahan misalkan situs mana yang baik dan tidak baik untuk usia anak Anda biar dijadikan pendidikan.

Pemahaman ini penting supaya ketika orang lain memberikan sebuah situs pada anak Anda setidaknya sudah mengetahui apakan itu baik apa tidak. Serta ajari tentang pentingnya sebuah password dan PIN supaya tidak dengan mudah terpengaruh orang tidak dikenali yang mencoba meminta informasinya melalui anak-anak Anda.

6. Aktifkan Android Device Manager


Hal ini berguna jika suatu saat smartphone kita hilang, maka lokasi perangkat dapat mudah ditemukan. Yaitu melalui peta (map) jarak jauh di internet, kita bisa mencarinya. Serta jangan lupa aktifkan veridfikasi dua langkah untuk akun google yang terhubung dengan ponsel Android.

Begiulah tips aman internetan melalui smartphone yang bisa kita terapkan versi menitinfo.com. Atau mungkin Anda malah punya tips lebih jitu yang lainnya supaya internetan jadi tambah aman, menggunakan perangkat seluler pun semakin nyaman tanpa virus.

Coba ceritakan pengalaman Anda dan jangan lupa bagikan informasi yang bermanfaat ini untuk teman dan saudara Anda.

Load comments