3 Apr 2016

Cara Akses Facebook dengan Hemat Data Internet


Saat kita berinternetan tentu membutuhkan yang namanya data atau paket internet baik besar atau kecil tergantung pemakaian. Kalau ada Wi-fi untuk umum, itu baru tidak membutuhkan paket internet lagi. Tapi apa itu selamanya kita akan bergantung pada gratisan saja dan selalu mengunjungi bolak-balik setiap hari ke tempat yang terpasang Wi-fi untuk umum, tentu saja tidak kan. Ketika lagi punya jaringan gratis maka akan menggunakan semaksimal mungkin, namun kalau memiliki paketan sendiri yang berbayar itu baru sebaliknya akan menggunakan sehemat mungkin.

Memang seperti itu tidak hanya Anda saja, saya pun juga kurang lebih demikian juga. Bahkan sampai akses internet yang tidak memakan data banyak juga pengennya dihemat lagi seperti ketika main facebook melalui komputer. Padahal data pada modem ketika digunakan hanya untuk facebook kan setiap hari mungkin hanya terpotong 50Mb/hari itu sudah pemakaian maksimal. Yang namanya kabutuhan apalagi berbayar memang harus serba dihemat supaya awet maka pemakaiannya juga tahan lama.

Selain itu facebook sebagai media sosial terpopuler saat ini menjadikan pengguna yang terus bertambah. Dengan demikian hemat data internet saat main facebook tentu menjadi pilihan banyak orang. Terlebih Anda adalah seorang pengguna facebook yang selalu rutin mengakses setiap hari hanya untuk update status dan lain sebagainya. Mungkin ketika kita upload sebuah foto bahkan video ke facebook, hal ini yang memakan data cukup besar. Untuk itu kita harus gunakan facebook dari komputer yang bisa menghemat data, bagaimana caranya?

Bagaimana Caranya?
Ini merupakan cara saya sendiri dan mungkin sudah banyak yang mempraktekkan, seperti biasanya kalau kita akses facebook langsung melalui facebook.com pada komputer. Coba Anda rubah sedikit dengan tambahan huruf menjadi m.facebook.com supaya tampilan facebook pada komputer berubah menjadi tampilan facebook versi ponsel. Dan hasilnya bisa menghemat separuh data internet dari sebelumnya.
Facebook dengan Hemat Data Internet

Itu merupakan tampilan facebook ketika menggunakan browser Mozilla Firefox, kalau pake browser lain seperti Chrome akan beda lagi tampilannya. Dan supaya lebih memudahkan ketika mau akses lagi ke facebook yang versi seluler kita simpan alamat url m.facebook.com pada markah browser yang kita pake.

Dengan menggunakan facebook versi ponsel melalui komputer tersebut, tampilan kecil tidak masalah namun malah lebih ringkas walaupun kurang lengkap daripada yang menggunakan versi web. Tapi kan kalau memakai versi web akan boros kuota karena tampilan yang penuh pada layar komputer apalagi banyak terpasang iklan bermunculan menjadi salah satu faktor data internet cepet terkuras.

Bagaimana dengan pengguna Ponsel?
Disini bukan hanya menghemat kuota internet saat akses facebook melalui komputer saja. Tetapi ada sedikit informasi tambahan ketika buka facebook melalui Smartphone juga ada cara tersendiri supaya hamat data, namun ini dengan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut juga dari facebook yang memang diperuntukan khusus menghemat kuota hanya pada pengguna ponsel smartphone. Yaitu Facebook Lite yang merupakan versi mini dari aplikasi facebook dibuat untuk menghemat data internet dan juga RAM.

Untuk memiliki aplikasi tersebut cukup mudah juga, kita tinggal pergi ke web penyedia aplikasi untuk smartphone seperti Play Store salah satunya. Lalu setelah masuk pada situs penyedia aplikasi khusus smartphone berikutnya Anda ketikkan “Facebook Lite”  pada pencarian aplikasi, kemudian setelah tersedia tinggal pasang dan install pada ponsel. Jangan khawatir atau ragu karena aplikasi tersebut ukurannya kurang dari 1MB dan dapat digunakan pada semua jenis ponsel Android. Kelebihan lainnya dapat digunakan disemua kondisi jaringan termasuk 2G dan wilayah yang koneksi internet lambat serta tidak stabil.

Setelah selesai Anda install aplikasinya, kemudian buka aplikasi dan login menggunakan akun facebook Anda seperti biasa, masukkan email dan sandi lalu masuk. Dengan begitu sekarang Anda menggunakan facebook yang hemat data internet melalui smartphone.
Aplikasi Fb Hemat data


Seperti itu cara saya menghemat data internet ketika akses facebook baik melalui komputer atau ponsel cerdas Android. Bagaimana? Lebih hematkan dari penggunaan facebook yang sebelumnya. Apa mungkin Anda punya cara lain yang lebih hemat dan lebih hebat lagi, bahkan mungkin malah facebook kan yang gratis data internet. Coba kasih tahu saya caranya bagaimana supaya orang lain yang membutuhkan juga bisa seperti Anda.

1 komentar so far

wah saya belum mencobanya facebook lite, masih suka pakai browser

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon