26 Maret 2016

Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone yang Baik dan Benar


Smartphone menjadi ponsel pilihan masa kini yang memiliki berbagai kelebihan guna memberi kupuasan pemakainya. Sistem operasi yang dapat ditemukan di ponsel cerdas adalah Symbian OS, iOS, RIM BlackBerry, Windows Mobile, Linux, Palm, WebOS dan Android. Dengan smartphone Anda bisa melakukan berbagai macam seperti berfoto dengan kualitas tinggi, merekam video, dan lainnya.

Tentu saja semua yang kita lakukan menggunakan smartphone atau ponsel cerdas membutuhkan sebuah daya baterai yang mencukupi. Namun salah satu kelemahan dari smartphone itu sendiri adalah daya baterai yang mudah habis bahkan ada yang boros. Rata-rata smartphone seperti Android memiliki jangka waktu sekitar 3-4 jam dalam pemakaian penuh, tapi itu belum cukup. Supaya kita bisa memakai lagi maka harus mencharger atau mengisi daya beterai smartphone yang kita miliki.

Jadi penggunaan ponsel yang berlebihan menjadikan salah satu faktor baterai cepat habis, apalagi dipake buat main game yang bisa Anda dapatkan melalui situs penyedia game untuk Android atau internetan. Semua yang Anda lakukan itu membuat baterai cepat habis dan untuk pengisian daya baterai sebaiknya Anda ketahui tipsnya yang direkomendasikan untuk seluruh pengguna smartphone.

1. Pakailah Charger yang Original
Hal ini dikarenakan charge yang original tegangan yang dihasilkannya ke smartphone lebih baik daripada bukan aslinya atau charger lain. Coba saja bila menggunakan charge selain original bisa saja tegangan listriknya lebih tinggi dari charge original, memang proses charging akan lebi cepat, tetapi daya batrei juga akan cepat habis, ini dikarenakan tegangan listrik yang dihasilkan charger /Kw tidak sesuai untuk smartphone.

2. Matikan Smartphone sebelum di Charger
Ketika pengisian daya batrei smaftphone, lebih baik smartphone nya dimatikan dulu sampai baterai benar-benar sudah full. Ini memungkinkan pengisian daya akan lebih maksimal. Apabila saat mencharger ponsel tidak dimatikan bahkan masih digunakan hal tersebut hanya akan memperpendek usia batrei saja, kan sangat disayangkan.

3. Mengisi daya baterai sebelum Habis Total
Baterai hp pada zaman dahulu terbuat dari bahan nikel, dengan begitu memang banar kalau sebaiknya baterai dibiarkan dulu sampai habis sebelum di charger.

Tetapi saat ini kebanyakan smartphon menggunakan batrei yang terbuat dari bahan Lithium-ion dan Li-polymer, dengan begitu cara perawatannya juga berbeda tentunya, untuk batrei yang terbuat dari bahan Lithium-ion dan Li-polymer sebaiknya mencharge ketika batrei masih tersisa, jadi ketika hp sudah lowbat sebaiknya segera lakukan proses charging. Apabila sampai membiarkan batrai smartphone habis total, terlebih dalam jangka waktu yang lama dapat merusak batrai dan pengisian batrei menjadi lebih lama itu pasti.

4. Jangan mencaharger sanpai Semalaman
Ini yang biasanya kita lupa mencabut charger dari ponsel ketika sudah penuh, alasannya karena ketiduran. Ini yang sering dilakukan oleh orang ketika mencharger sampai semalaman. Padahal hal seperti itu bukannya baterai terisi maksimal, tetapi malah bisa mengurangi umur baterai Anda.

5. Hindarilah pengisian Nirkabel
Pengisian daya batrei melalui nirkabel terhitung lebih efisian dan simple karena tidak direpotkan dengan lilitan kabel, akan tetapi apabila kita sering melakukan hal tersebut batrei akan kehilangan daya 5 -  30 setiap bulannya. Terus apakah Anda masih ingin melakukannya juga?
Baca juga : Tips Aman Berinternetan Menggunakan Smartphone Android

Dengan begitu setelah kita tahu tips mengisi daya baterai smartphone yang baik dan benar, bisa menambah ilmu pengetahuan. Dan mulai sekarang hindarilah pemakaian smartphone tidak wajar kalau ponsel kita tidak mau cepat rusak. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon