31 Jul 2016

Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer Sendiri


Sangat dianjurkan bagi kita yang ingin memiliki laptop atau komputer, entah itu beli samapai melakukan tukar tambah agar tahu dulu cara mengetahui spesifikasinya. Kalau sebuah perangkat laptop baru mungkin kita masih bisa lihat kelengkapan spesifikasi dengan mudah dan jelas, namun untuk sebuah laptop seken tentu kita perlu menjalankan terlebih dahulu. Dan masalahnya anda tidak tahu caranya?

Caranya ada yang sederhana dan juga sampai memerlukan bantuan software, tapi tujuannya sama saja untuk melihat spesifikasi komputer. Kalau cara yang mudah saja cukup kita tidak perlu lagi menginstall terlebih dahulu sebuah software.

Pertama kita coba cara yang sederhana dulu dan ini saya sudah coba di WindowsXP, 7 & 8, kalau Windows 10 saya belum coba dengan cara yang pertama ini.


#Buka komputer / laptop anda, kemudian klik Start Menu > klik kanan pada My Computer > Properties.
Dan kamu akan melihat spesifikasi umum laptop atau komputer.
Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer


Mamang kalau kita lihat cara ini masih kurang lengkap dalam memberikan hasil spesifikasi laptop atau komputer, maka anda perlu lagi dengan cara yang berikutnya. Mungkin cara yang berikut ini akan menampilkan informasi yang lebih banyak lagi dari pada di atas.

1. Masih melalui start menu > kemudian Run atau lebih singkatnya dengan menekan tombol keyboard Win + R bersamaan. Lalu ketikkan tulisan DXDIAG dan takan ok atau enter.

Baca juga : Cara Mengatasi Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak
Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer

2. Maka akan muncul windows DirectX Diagnostic Tool. Di situ anda bisa melihat lengkap spesifikasi Komputer atau Laptop kita mulai dari Processor, RAM, VGA, Sound, BIOS, Merk dan Jenis Board, Operating System dan lain sebagainya.
Mengetahui Spesifikasi Laptop atau Komputer

Ket :
Tab System menampilkan beberapa informasi umum mengenai spesifikasi komputer anda.
Tab Display berisi mengenai hal yang berhubungan dengan kartu VGA yang terdapat pada komputer  anda.
Tab Sound, anda bisa melihat kartu suara (sound card) beserta driver yang digunakan pada komputer anda.
Tab Input menampilkan perangkat input (input devie) yang digunakan pada komputer anda, misalkan mouse dan keyboard

Mungkin itu saja, dari menitinfo.com ada 2 cara mengetahui spesifikasi laptop atau komputer dari yang lengkap sampai terlengkap. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya,

Artikel Terkait

Load comments