23 Jul 2016

Mengatasi Subtitle Film Ganda Setelah diConvert Format Factory


Mengatasi Subtitle Film Ganda
Sebuah film yang filenya berjenis MKV biasanya saat masih berada di komputer atau laptop. Agar bisa disetel melelui DVD supaya terlihat dan dapat tonton di tv maka film tersebut harus kita convert dulu menjadi VOB atau MPG. Subtitle juga perlu kita tambahkan ketika film yang kita convert dialognya berbahasa asing agar ada teks terjemahan bahasa Indonesianya.

Hal yang menjengkelkan, sudah nunggu proses convert film yang lama karena ukuran file sampai 1GB hasilnya malah subtitlenya ganda. Ini menggunakan aplikasi Format Factory yang bisa anda dapatkan melalui situs aslinya http://www.pcfreetime.com/ secara gratis.

Kalau sudah seperti itu maka hasilnya kurang memuaskan, untuk itu sebelum proses selesai sebaiknya kita cek dulu dengan menyetal film saat sedang convert berlangsung. Apa masalahnya kalau subtitle ganda, berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Menambahkan Subtitle Pada Film yang ingin diConvert

1. Buka aplikasi Format Factory, kemudian tentukan jenis file video VOB atau MPG lalu klik Add File dan pilih film yang ada dalam berkas.
Mengatasi Subtitle Film Ganda

2. Setelah itu kita atur dulu pada menu Output Setting (Pengaturan Keluaran) anda klik maka laman baru akan terbuka.

3. Arahkan cursor pada Additional Subtitle untuk memasukkan subtitle sesuai filmnya, file subtitle ada yang berjenis str, ass, ssa, atau idx dan biasanya kebanyakan berjenis str. Setelah itu yang harus anda perhatikan supaya subtitle nantinya tidak ganda adalah dengan merubah tipe subtitle untuk di tiadakan, dengan cara ubah Type subtile yang tadinya Automatic menjadi None(Tidak ada).

Mengatasi Subtitle Film Ganda

4. Dengan demikian hasil subtitle film yang telah kita ubah jenis file menjadi VOB atau MPG hasil teks terjemahanya tidak ganda lagi, dan jangan lupa klik Ok dan lanjutkan dengan start convert. Tetapi jika saat akan mulai convert malah terjadi error, anda bisa cari tahu masalahnya melalui Cara Mengatasi Error 0x00000001 saat Convert pada Format Factory.

Subtitle yang telah digabungkan dengan film maka hasilnya menyatu dengan film, berbeda kalau belum kita convert maka antara subtitle dan film filenya sendiri-sendiri alias terpisah. Setelah itu terserah anda hasilnya ingin dipindahkan ke flashdisk atau kaset VCD/DVD untuk dilihat hasilnya melalui televisi.

Artikel Terkait

Load comments