18 Jul 2016

Tips Mempersiapkan Hari Pertama ke Sekolah


Di bulan Juli tahun 2016 ini di antara kalian semua tentu ada yang akan memulai atau masuk sekolah baru baik itu pendidikan tingkat SD, SMP, SMA dan bahkan masuk perguruan tinggi. Kadang setelah selesai libur panjang kemudian mau masuk sekolah kembali atau kuliah, terkadang membuat kita gugup dalam menghadapi suasana baru bahkan ada sebagian anak yang males berangkat sekolah.
Hal tersebut bisa membuat kita lupa sesuatu atau malah tidak siap dalam menjalani jenjang baru dalam tingkat pendidikan. Nah, untuk mengatasi hal demikian, ada sebuah tips untuk kalian. Tips ini bukan cuma untuk yang akan masuk sekolah setelah liburan, tapi juga untuk kalian yang memasuki jenjang pendidikan baru.

Hal tersebut sudah menjadi budaya setiap kali dibukanya tahun ajaran baru, dimana para siswa-siswi mempersiapkan dirinya untuk masuk ke sekolah kembali dengan warna serta suasana baru. Semua orang yang sekolah pasti akan mengalami moment tersendiri dan pengalaman baru dalam menuntut ilmu. Tidak hanya murid kalau menurut saya, orang tua juga turut merasakan perjuangan anak-anaknya dalam hari pertama sekolah. Berikut ini tips dalam mempersiapkan hari pertama ke sekolah.

Hari Pertama ke Sekolah

#Persiapan malam terakhir liburan
1. Siapkan seragam baru (atau pakaian untuk kamu yang mulai kuliah) yang akan dipakai besok pagi.
2. Siapkan paling tidak sebuah buku tulis / binder dan alat tulis baik ballpoint maupun pensil.
3. Jangan tidur terlalu larut malam agar bisa istirahat dengan cukup dan besok tidak mengantuk di sekolah / kampus.
4. Budayakan sebelum tidur berdo’a dulu.

#Persiapan hari pertama masuk sekolah
1. Bangun tidur pagi-pagi.
2. Pergunakan seragam baru selengkapnya atau pakaian sesuai dengan peraturan kampus kamu karena setiap kampus memiliki aturan yang berbeda mengenai pakaian yang boleh dipakai ke kampus.
3. Periksa kembali alat tulis yang akan dibawa. Untuk kamu yang kuliah, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu ya tentang mata kuliah hari tersebut. Karena beberapa mata kuliah tentu membutuhkan peralatan yang berbeda.
4. Sarapan dulu sebelum pergi ke sekolah / kampus karena sarapan bisa membuatmu lebih bertenaga dan semangat seharian.
5. Pamit kepada kedua orang tua pada saat akan berangkat ke sekolah / kuliah dan mintalah do’a pada mereka.

#Hari pertama di sekolah baru
1. Apabila kelas sudah dibagi, carilah ruang kelasmu setelah tiba di sekolah / kampus sehingga kamu bisa segera masuk ke kelasmu apabila ada pengumuman agar seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing.
2. Berkenalanlah dengan teman-teman yang akan menjadi temanmu selama bersekolah di sekolah barumu. Usahakan mengenal teman sekelasmu dulu, kemudian dengan teman-teman yang lain.
3. Berkenalanlah dengan kakak kelas sebisa mungkin. Apabila ada kakak kelasmu dari sekolahmu yang lama, berbincang dengannya akan membuatmu lebih cepat dikenal oleh calon kakak-kakak kelasmu yang lain. Dekat dengan kakak kelas sering kali membawa banyak keuntungan lho.
4. Ikuti petunjuk apa pun yang akan diberikan oleh pihak sekolah / kampus, baik perintah untuk berkumpul di halaman atau masuk ke kelas masing-masing.
5. Apabila sejak pertama sudah disampaikan bahwa akan ada OSPEK atau orientasi, jangan lupa untuk membawa bahan-bahan yang diminta untuk dibawa.
6. Nikmati hari pertama sekolah / kampusmu dengan riang gembira dan penuh kepercayaan diri. Ingatlah bahwa di sekolah / kampus itu kamu akan menuntut ilmu sebagai bekal masa depanmu nanti.

Nah bagaimana tips-tips di atas? Semoga membantu kamu ya sobat dalam menjalani jenjang pendidikan yang baru. Semoga kamu juga segera mendapatkan teman-teman baru dan sukses untuk kalian semua.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon