Cara Setting Antena Ubiquiti AirGrid untuk Nembak WiFi


cara setting antena ubiquiti
Mau menyambung WiFi dari jarak yang cukup jauh hingga berkilo meter? Memang hidup di pedesaan serba terbatas salah satunya kalau mau pasang WiFi perlu nembak jaringan dari kota. Sebenarnya ditempat kami sudah ada kabel internet Indihome yang masuk ke pinggir jalan desa, tapi kalau mau pasang setidaknya telah ada sekitar 10 orang pendaftar pertama.

Karena minimnya minat orang-orang desa untuk pasang WiFi akhirnya terpaksa nembak dari kota terdekat menggunakan antena Ubiquiti Airgrid 2.4 GHz atau 5 GHz. Untuk itu pada tulisan kali ini kami akan berbagi cara setting antena Ubiquiti AirGrid untuk nembak WiFi.

Cara Setting Antena Ubiquiti Airgrid


1. Pertama kita hubungkan mesin antela Ubiquiti Airgrid dengan laptop atau komputer menggunakan kabel UTP.

2. Setalah itu setting pada komputer dengan membuka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center >  Change adapter setting > klik kanan pada Local Area Conection lalu pilih Properties.

3. Pilih Internet Protocol Version 4 > Use the following IP address, kamu masukkan :

IP address - 192.168.1.25
Subnet mask - 225.225.225.0

setting antena ubiquiti

4. Sesudah settingan LAN pada laptop atau pc kita save, berikutnya kita segera login laman web Ubiquiti dengan browser yang ada Chrome, Firefox, atau Opera.

5. Buka browser dan masuk ke alamat http://192.168.1.20 lalu tekan enter

6. Kalau berhasil akan terbuka halaman web Ubiquiti, login dengan mamasukkan User name serta Passwordnya adalah ubnt untuk bawaan dari pabrik apabila belum diganti..

7. Setelah berhasil logian kamu perhatikan tampilannya, pastikan kamu berada pada menu Wireless. Kemudian pihat menu SSID dibawahnya kamu klik tombol Select di sampingnya untuk mencari jaringan WiFi target untuk kita tembak.


8. Pilih jaringan mana yang hendak kamu tembak, kalau target WiFi tujuan diberi keamanan pastikan kamu sudah tahu Passwordnya supaya dapat tehubung.

 
9. Terakhir setelah memilih jaringan yang mau ditembak kamu masukkan Password pada pengaturan Wireless paling bawah dan save untuk menyimpan semua pengaturan.

Untuk test internet sudah konek atau belum kamu perlu hapus pengaturan setting LAN yang sudah dijelaskan pada step-3 di atas, kamu kembalikan ke pengaturan awal. Sekarang coba browsing sudah bisa terhubung ke internet apa belum, jika bisa berarti kita telah berhasil nembak WiFi.

Supaya bisa menyebarkan jaringan wifi kita masih memerlukan sebuah alat tambahan, biasanya pake Tp-Link TL-WR840N, atau juga bisa gunakan router lainnya seperti mikrotik dan sejenisnya yang bisa dijadikan access point.

Mungkin demikian Cara Setting Antena Ubiquiti Airgrid untuk nembak WiFi, semoga bermanfaat. Karena ini pengalaman pertama kali menggunakannya, mohon maaf apabila informasi yang kami sampaikan kurang lengkap. Silahkan bertanya kalau ada yang kurang jelas :)

Load comments