25 Sep 2016

Cara Mengunci Data di Flashdisk Agar Tidak Bisa di Copy


Setelah bisa melakukan penguncian data pada komputer, kini berkembang lagi pengetahuannya bagaimana Cara Mengunci Data di Flashdisk Agat Tidak Bisa di Copy?. Rasanya kurang aman apabila flashdisk kita yang penuh dengan data-data pribadi dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengamanan khusus. Meskipun cara ini sederhana dan bisa dikatakan tidak begitu ampuh, namun anda perlu mencobanya karena ini tidak memerlukan sebuah software.

Semua orang pasti akan sakit hati ketika datanya dicuri baik yang tersimpan dalam sebuah flashdisk atau bentuk lainnya, intinya ada yang mengambil tanpa seizin sang pemiliknya. Dan secepatnya kita harus ambil pilihan mau mengamankan atau akan dibiarkan apa adanya, itu tergantung anda dan data yang ada dalam flashdisk data penting atau bukan. Kalau penting yang saya kira hal ini diperlukan oleh anda.

Terutama kalian yang menggunakan Windows, bawha nantinya ketika ada teman kamu atau orang lain yang mencoba mengkopy data flashdisk tanpa izin akan kesulitan. Cara ini menggunakan notepad, jadi pastikan komputer anda sudah tersedia notepad untuk digunakan berikutnya. Adapun caranya bisa dibaca di bawah ini bagaimana cara melakukannya supaya data kita lebih aman lagi dari sebelumnya.

Mengunci Data di Flashdisk

1. Buka Notepad
2. Kita perlu sebuah script khusus yang kemudian dituliskan dalam notepat, tapi anda tidak perlu menulisnya cukup copy dibawah ini saja.
Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
"WriteProtect"=dword:00000001
3. Simpan script pada notepad tersebut dengan memberi nama terserah anda, dan ubah format pada file name menjadi .reg (contoh : kunciFlashdisk.reg)
4. Kita buka hasil simpanan tadi dengan dobel klik, sehingga akan keluar sebuah konfirmasi dan segera klik Yes.

5. Sekarang mungkin script tersebut belum bekerja karena anda perlu Restart komputer terlebih dahulu.
6. Kalau ada seseorang yang mau mengisikan flashdisk atau mengkopi  paste data dari flashdisk kamu, maka akan keluar tulisan “Media is write-Protected” coba dulu siapa tahu ini tidak bekerja pada komputer kamu.

Kalau berhasil saya ucapkan selamat telah mengunci flashdisk supaya aman, kalau belum berhasil anda harus menerapkan cara lain yaitu Memberi Password Pada Flashdisk Menggunakan BitLocker.
Untuk anda yang berasil pastinya suatu saat ingin melepaskan script pengunci tadi supaya seperti semula alias bisa di copy paste lagi. Kalau masih bingung, caranya ada di bawah ini,

1. Buka Notepad
2. Ketik Script registry berikut:
Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
"WriteProtect"=dword:00000000
3. Simpan script tersebut dengan nama bebas yang berbeda dari yang pertama buat, jangan lupa ekstensi belakangnya .reg, karena yang pertama bernama 'kunciFlashdisk' maka yang ini kita kasih nama bukaFlashdisk.reg

4. Klik dua kali pada file bukaFlashDisk.reg yang tadi. Ketika keluar kotak dialog, klik Yes.
5. Terakhir silahkan Log off atau restart komputer Anda

Dengan memanfaatkan script ini, kamu bisa mengunci atau membuka flashdisk kapanpun kamu inginkan. Oh ya, jangan lupa kamu harus menyembunyikan dua file registry ini dengan cara meng-hiddennya agar tidak semudah itu teman kamu sadar bahwa flashdisk kamu sudah beri pengaman khusus.

Menggunakan trik registry ini akan membantu kamu menghindarkan diri dari hal-hal yang merugikan serta flashdisk terhindar dari virus. Bahkan cara ini juga bisa diterapkan pada hardisk, misalkan selain flashdisk anda juga memiliki hardisk eksternal bisa di coba.

Note : Meskipun sudah di pasangi registry, akan tetapi masih ada juga kekurangannya yaitu ketika flashdisk anda dipindahkan ke komputer lain data di dalamnya masih bisa dicopy. Jadi registry tersebut hanya efektif / bekerja pada satu komputer yang kita gunakan untuk menjalankan registry. Selain cara tersebut anda bisa coba cara lain seperti mengunci data flashdisk menggunakan BitLocker, mungkin akan menjadi solusi selanjutnya.

3 komentar

coba anda pindahkan flashdisk tsb ke komputer lain, dan sekarang copykan isinya ke hardisk komputer yang lain tsb. woalah.. masih bisa dicopy..!!?? ternyata cuma efektif utk di komputer tempat dijalankannya file reg tsb aja

Makasih informasi tambahannya Master Boy,

selamat siang saya sudah mencoba menggunakan notepad dan bitlocker namun mp3 saya yang ada di memori card maupun flasdish masih bisa dicopy dikomputer lainnya

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon