9 Oktober 2016

7 Penyakit Berbahaya Kerena Air Tercemar


Penyakit Berbahaya Kerena Air Tercemar
Air merupakan elemen penting bagi kehidupan, tak hanya untuk meredakan rasa haus, air juga dibutuhkan dalam berbagai proses yang ada dalam tubuh. Kekurangan cairan dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius bagi manusia. Sayangnya kebutuhan manusia akan air bersih tak selalu dapat terpenuhi dengan baik, kehidupan manusia yang semakin modern diiringi dengan pembangunan di segala aspek terkadang memberi dampak berupa polusi.

Ada berbagai polutan yang mengkontaminasi air sehingga tak layak dikonsumsi, mulai dari limbah industri, merkuri, dan tentu saja mengkonsumsi air yang telah tercemar bisa menimbulkan penyakit. Apa sajakah dampak dari mengkonsumsi air yang tak layak lagi di konsumsi? Inilah 7 penyakit berbahaya karena air tercemar.

1. Diare
Penyakit ini disebabkan karena air telah tercemar koliform dan fikokolai. Jika tidak diatasi, diare bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah, yaitu gangguan fungsi ginjal yang menyebabkan dehiderasi dan kematian. Cara pencegahannya bisa dilakukan dengan merebusa air yang akan diminum untuk membunuh bakteri di dalam air. Semakin parahnya diare disertai dengan darah dan penyakit lain seperti demam serta muntah disebut disentri.

2. Hepatitis A
Penyakit hepatitis A disebabkan oleh adanya virus yang menyerang hati,  selain ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita, hepatitis A juga dapat menular lewat air yang tercemar. Gejala penyakin ini antara lain adalah  diare, sakit perut, mual ,kelelahan, kulit kuning hingga depresi. Hepatitis A umumnya terjadi di daerah dengan sanitas yang buruk dan tidak cukup air berseih. Gaya hidup bersih seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, serta minum air yang telah dimasak adalah salah satu cara terbaik melindungi diri dari hepatitis A.

3. Kolera
Penyakit yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae ini sangatlah berbahaya. Gejalanya seperti diare namun tiba-tiba  dapat menyebabkan kematian. Karena kekurangan cairan yang parah dan gagal ginjal pada penderita, kolera merupakan salah satu jenis penyakit menular yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang tidak disinitasi dengan baik. Di dalam tubuh bakteri vibrio cholerae dapat menyeluarkan racun yang dapat menyebabkan usus halus melepaskan cairan garam dalam jumlah besar. Bakteri kolera tergolong bakteri yang sensitif pada asam lambung, sehingga mudah menyerang mereka yang menderita kekurangan asam lambung.

4. Kanker
Air mengandung berbagai mineral, salah satunya adalah senyawa kimia mainzena. Namun apabila kandungan senyawa ini terlalu tinggi dalam air minum, akan dapat menyebabkan penyakit berbahaya yaitu kanker. Secara umum mainzena yang digunakan sebagai zat  uantuk membuat bahan kimia yang lain.

5. Polio
Polio merupakan penyakit paralisi atau lumpuh yang disebabkan oleh polio virus yang masuk ke tubuh melalui mulut dan menginfeksi saluran khusus. Virus ini dapat memasuki aliran darah dan mengalir  ke sistim syaraf pusat sehingga menyebabkan melemahnya otot. Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa virus polio berasal dari air di Afrika yang berkelana hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Selain air, virus polio juga bisa menular melalui  saluran pernafasan.

6. Tifus
Tifus merupakan salah satu penyakit infrksi aput yang disebabkan oeleh bakreti salmonella typhi. Penyakit ini di tandai munculnya demam selama lebih dari satu minggu, sakit kepala, nyri sendi, sakit tenggorokan, dan bibir pecah. Tifus dapat terjadi karena kurangnya pemeliharaan kebersihan lingkungan, faktor makanan dan air minum yang kurang higenis juga bisa menjadi perantara.
Baca juga : Cara Mengobati Tipes Secara Alami dengan Gaya Hidup yang Sehat

7. Skizofrenia
Skizofrenia atau gangguan juwa yang timbul karena fungsi otak terganggu, skizofrenia menyebabkan penderitannya mengalami ilusi dan halusinasi pikiran kacau setra perubahan perilaku. Para peneliti di Colombia menemukan bahwa paparan timbal negatif dapat mempengaruhi area otak yang berkaitan dengan pelaku skizofrnia. Paparan timbal bisa bersembur dari air yang telah tercemar logam tersebut nelalui rembesan dari sampah kaleng yang mengandung timbal, cat yang mengandung timbal, pestisida atau bahkan pipa air yang mengandung timbal. Kita bisa mencegahnya dengan selalu membersihkan lingkungan serta menggunakan pipa air yang bebas dari timbal.

Dan itulah 7 penyakit berbahaya kerena air tercemar, semoga menambah pengetahuan dan ilmu buat anda semua. Jangan lupa selalu membersihkan lingkungan dan menjaga air tetap bersih supaya tidak menimbulkan bibit penyakit.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon