3 Jun 2017

Cara Membuat HP Android Agar Support USB OTG


Ternyata tidak semua HP Android itu support USB OTG, untuk itu sebelum akhirnya kalian memutuskan membeli sebuah sambungan OTG lebih baik cek Smartphone dahulu. Padahal banyak sekali fungsi dari sambungan tersebut terutama untuk Hp Android kita, seperti salah satunya bisa menyambungkan flash disk dan menariknya lagi bisa dipasang mouse, keyboard bahkan melakukan print jadi bisa langsung melalui Hp.

Apa si sebenarnya USB OTG itu?
OTG merupakan kependekan dari On The Go, sedangkan pengertiannya adalah sebuah fitur yang di gunakan smartphone untuk mentransfer data Hp Android ke media penyimpanan atau sebagai konektor charger usb android.

Fungsi OTG yang paling penting itu untuk mentranfer sejumlah file dengan cepat dari ponsel Android ke flashdisk secara langsung. Mungkin ponsel Android anda seperti Samsung, Asus Zeanfone, Xiaomi, Lenovo, dan jenis ponsel lainnya yang belum support dengan USB OTG setelah melakukan trik berikut akan memberi manfaat. Berikut langkah-langkah yang mesti kita persiapkan supaya HP Android kita menjadi suppotr USB OTG, simak baik-baik ya.

Menjadikan HP Android Support USB OTG
Cara Membuat HP Android Agar Support USB OTG


1. Kita Perlu Root Android (jika ponsel telah diroot lawati langkah ini)

Kenapa harus kita root? Fungsi root Android ini yaitu supaya kita bisa menambah, mengurangi atau memodifikasi file-file yang ada di smartphone Android, karena kita nanti akan menambah sebuah file khusus ke dalam Android. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi seperti memaksimalkan kerja smartphone Android kamu, melakukan overclock prosesor Android kamu atau bahkan menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu.

Jika Android belum anda root bisa cari caranya melalui pencarian 'Google' atau baca pada artikel kami: Cara Root Ponsel Android

2. Download dan Install USB Host Check
Berikutnya yaitu dengan menginstal sebuah aplikasi bernama USB Host Check,  yang nantinya berfungsi sebagai memeriksa apakah smartphone Android kamu adalah Android support OTG atau tidak. Karena ada beberapa merek ponsel yang memang secara hardware-nya tidak support OTG.
Download USB Host Check

3. Jalankan Aplikasi yang telah Anda instal untuk cek File Bernama "android.hardware.usb.host.xml"


Apabila muncul pesan "It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed", itu artinya file yang dibutuhkan agar Android bisa support OTG belum ada. File yang dimaksud bernama android.hardware.usb.host.xml. Jika tidak ada, kamu harus membuat file tersebut dengan menggunakan aplikasi notepad atau bisa juga dengan notepad ++, Jadi kita juga membutuhkan sebuah perangkat komputer atau laptop.

4. Cara Membuat File android.hardware.usb.host.xml
Sesuai yang telah kami katakan kita membuat file tersebut menggunakan Notepad atau Notepad++. Setelah itu anda masukkan kode scrip berikut ini pada Notepad/Notepad++,
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<permissions>
   <feature name="android.hardware.usb.host" />
</permissions>
Cara Membuat HP Android Agar Support USB OTG

Kemudian pilih simpan hasilnya dengan nama file android.hardware.usb.host.xml. Peru anda ingat, ekstensi nama file haruslah .xml, dan tipe file harus All file.

Cara Membuat HP Android Agar Support USB OTG


5. Sekarang Pindah File ke Smartphone
Cara memindahkannya tidak sembarang pindah ke memori internal, tetapi ada aturannya. Pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke smartphone Android kamu di folder system/etc/permission. Bahwa folder permission ini sangat penting supaya kamu memperoleh akses untuk membuat Android support OTG.

7 Terakhir, Buka lagi Aplikasi USB Host Check
Setelah memindahkan file selanjutnya buka kembali aplikasi USB Host Check lalu pilih "re-check". Apabila tidak ada masalah, maka semua akan dicentang dengan warna hijau yang artinya ponsel Android yang anda gunakan ini sudah support OTG.

Jadi sekarang Hp Android anda telah support USB OTG, dengan begitu bisa coba pasang sambungan OTG dan lebih yakin lagi untuk membeli sambungan tersebut. Artinya smartphone kita telah dapat dipasangi mouse atau stick PS jenis usb biar mudah mengendalikan game yang sering anda mainkan terutama Football.

Itulah caranya membuat Hp Android yang tadinya tidak support OTG jadi support, dan jangan lupa untuk melakukan cara ini pastikan smartphone anda telah diroot dengan benar. Cara tersebut telah terbukti berhasil pada smartphone Asus dan juga Evercoss A7s, semoga Hp anda juga mendukung.

4 komentar

Gan punya saya yg atas warna merah yang bawah ijo itu gimana gan caranya agar ijo semua

Agan pake ponsel apa ya..?

Semuanya udah kecentang hijau tapi kok tetep gak kebaca ya gan

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon