10 Jul 2017

Cara Setting Joystick Game PPSSPP di PC / Laptop



Emulator PPSSPP yang dikenal untuk Android ternyata emulator tersebut juga tersedia untuk PC/laptop. Guna menghilangkan rasa suntuk dirumah, kita bisa memanfaatkan game PSP di PC ketika waktu sedang luang dan ngumpul bareng keluarga. Untuk memainkan suatu game dengan emulator PPSSPP di PC yaitu menggunakan Joystick, oleh karena itu kita perlu setting PPSSPP terlebih dahulu supaya stick bisa digunakan dengan baik.


Sebetulnya selian menggunakan Joystick kita juga bisa langsung menjalankan game dengan keyboard maupun menggunakan mouse. Akan tetapi dengan menggunakan Joystick akan lebih mudah dan nyaman layaknya bermain PS beneran hanya saja ini melalui komputer atau laptop.

Baik kita langsung saja, pastikan anda sudah mempunyai Joystick usb untuk disambungkan dengan Pc/Laptop milik anda. Kalau baru pertama menggunakan Joystick ke komputer mungkin akan memerlukan sekitar 10 menit hingga software terinstall, tapi kalau sebelumnya sudah pernah memakai mungkin hanya beberapa menit saja.

Setting Joystick Game PPSSPP di PC
1. Yang pertama setelah Srick terhubung, buka emulator PPSSPP lalu pilih menu Game Settings.

2. Selanjutnya pilih menu Controls > Control Mapping

3. Berikutnya akan muncul 3 metode setting (Pengaturan) antara lain Keyboard (kbd), Xbox(x360), dan Stick (Pad)

➧Cara mengaturnya arahkan cursor mouse dan klik kiri mouse pada bagian Pad. Lalu setelah itu tekan tombol pada stick yang akan disetting.
Misalkan anda ingin setting arah atas (UP) maka pilih pad.UP pada PPSSPP di komputer dan setelah itu anda tekan tombol arah Atas pada stick (Joystick).

- Lakukan hal tersebut sesuai tombol stick yang ada dengan menyesuaikan di PPSSPP, seperti tombol Cross, Square, Triangle dan lainnya.

Apabila semua pengaturan sudah lengkap dan sesuai anda bisa llangsung pilih menu Back dan stick telah bisa digunakan untuk memainkan game di PPSSPP sesuai keinginan masing-masing.

Dan demikian tutorial cara setting Joystick PPSSPP di PC atau komputer hingga berhasil, semoga bermanfaat.
Sumber referensi: kusnendar.web.id

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


3 komentar

om ane setting kok analog pas analog bawah ane gerakin kebawah analognya ga kebaca tapi tombol laen kebaca. gimana om yak? mohon pencerahan

coba setting ulang dari awal lagi.

Kalo control mapping L2 sama R2 di tempatin dimana ya? Mohon pencerahannya

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon