22 Agt 2017

Cara Menghapus Data Pribadi yang Direkam Google di Internet



Logo keamanan Google
Sebagai perusahaan multinasional Amerika Serikat khususnya pada jasa dan produk internet, Google memiliki kewenangan mengnyimpan data diri atau data pribadi masing-masing pengguna. Hal ini sudah wajar karena kita telah menggunakan layanannya secara gratis juga banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Seperti halnya Gmail, Play Store, Drive, Chrome, Youtube serta produk google yang lainnya.

Tahukah anda jika google memberika layanan gratis tidak cuma-cuma, melainkan perusahaan asal AS mengumpulkan data pribadi penggunanya kemudian diolah dan ditawarkan kepada pengiklan. Itulah salah satu strategi sehingga semakin banyak penguna layanannya dan dikenal oleh masyarakat luas.

Selain layanan gratis tentu ada yang berbayar yakni versi premium yang memungkinkan privasi kita lebih aman oleh pihak ke tiga. Secara umum yang telah kami ketahui google merekam pengunanya seperti data penelusuran kita di internet, kunjungan ke situs tertentu, mencari lokasi di peta hingga pengguna Android yang telah dilengkapi Google Assistent pun, suara dan percakapan pengguna akan direkam.

Kalian yang mementingkan privasi dan keamanan mungkin bisa melakukan cara menghapus data pribadi yang sudah terekam oleh google dengan langkah berikut ini.


Hapus Data Pribadi yang Direkam Google
1. Pastikan anda telah login akun google, setelah itu cukup mengunjungi alamat url ini history.google.com/history baik melalui Pc atau Smartphone, di halaman tersebut kita bisa melihat semua aktivitas yang direkam oleh google namun kita belum bisa menghapusnya.

2. Cara hapus semua data pribadi, klik ikon garis tiga di pojok kiri atas lalu aka nada pilihan menu. Kemudian pilih Hapus aktivitas menurut untuk menyelesaikan langkah berikutnya.

hapus aktivitas saya di google

3. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman penghapusan data, pilih semua dan semua produk kalau ingin mengeksekusi semuanya (aktivitas pertama hingga hari ini).

Cara Menghapus Data Pribadi yang Direkam Google

4. Klik tombol Hapus.
Perlu kalian ketahui sebelum klik Ok dan hapus secara permanen, bahwa aktivitas dapat membuat layanan Google menjadi lebih bermanfaat, misalnya seperti opsi perjalanan yang lebih baik di Maps dan hasil yang lebih cepat di penelusuran. itu artinya kalau kita menghapus semua hasil penjelejahan di internet maka kita memulainya dari awal ketika baru memiliki akun google.

Jadi data pribadi yang direkam juga ada manfaatnya buat pengguna untuk memudahkan menemukan kata kunci yang sesuai pada hasil pencarian. Misalnya anda dulu pernah menelusuri "Cara Menghapus Data", kemudian suatu saat lupa dan ingin menemukannya kembali, karena google telah merekam semua aktivitas anda maka dengan cepat hasil penelusuran akan membantu menemukan apa yang kalian inginkan dengan tepat.

Apakah setelah melakukan penghapusan semua data, Google tidak lagi merekam aktivitas saya? Tentu saja tidak, google tetap merekam data penjelajahan anda selanjutnya di internet. Tapi tennang saja data itu aman dan hanya pemilik akun yang bisa mengetahui data pribadi masing-masing. Kita suatu saat bisa melakukan penghapusan semua data secara permanen kapan pun kita mau dengan langkah di atas setelah kalian meresa bahwa ada aktivitas yang sangat pribadi.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon