Cara Setting TP-Link TL-WA730RE sebagai Repeater


TP-Link TL-WA730RE 150mbps merupakan sebuah alat yang dapat kita manfaatkan sebagai pemancar jaringan internet WiFi. Terdapat dua pilihan pengaturan yang bisa kita pilih pada TL-WA730RE yakni Access Point dan Repeater. Kita akan coba setting TP-Link tersebut sebagi Repeater.

Fungsi dan cara kerja Repeater sendiri yaitu untuk menembak WiFi yang kemudian disebarkan kembali. Ini untuk TP-Link indoor jadi sangat tepat dipakai pada sebuah ruangan yang minim jaringan WiFi, dengan TL-WA730RE bias memperkuat jaringan jadi lebih baik.

Untuk awal setting artinya TP-Link baru kita pakai, kiranya kita membutuhkan perangkat :
-  Laptop / Komputer, dan
-  Kabel UTP atau kabel LAN.

1. Setting LAN Laptop / PC


Pertama kita perlu atur IP komputer terlebih dahulu, pastikan Anda sudah menyalakan komputernya.

- Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings.

- Klik kanan pada Local Area Connection > lalau pilih Properties.

- Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

- Atur IP Address 192.168.0.100



2. Setting TP-Link TL-WA730RE sebagai Repeater


Setelah setting IP Address selesai berikutnya kita ke inti pengaturan, apa yang kita butuhkan berikutnya, browser Chrome, Firefox, Opera, atau yang lainnya, saran saya memeiliki lebih dari satu browser.

- Buka browser yang kalian pakai, kemudian masukkan alamat 192.168.0.254 pada address bar. Apabila situs selalu gagal diakses coba gunakan browser lain atau cek ulang IP Address barang kalai kamu salah masukkan angkanya.

- Setelah situs terbuka masukkan usernama "admin" dan password juga "admin" tanpa tanda petik sebagai password bawaan pabrik.

- Pilih Quick Setup > lalu Repeater (Range Extender)


- Klik Suevey untuk membuka jaringan WiFi mana yang hendak kita tembak untuk memperluas jaringan lebih kuat. Region adalah tenpat negara anda tinggal sekarang, Masukkan password WiFi yang telah kalian pilih.


- Klik Next, lalu Reboot dan tunggu setting selesai disimpan.

- Sekarang TP-Link TL-WA730RE siap dipakai ditaruh pada ruangan yang minim jaringan.

Buat kamu yang sedang mencari TP-Link outdoor lumayan bagus namanya adalah CPE dan untuk sumber referensi cara sitting bisa baca disini : Cara Setting Tp-Link CPE220 Sebagai Repeater.

Demikianlah Cara Setting TP-Link TL-WA730RE sebagai Repeater, apabilah masih ada yang kurang paham jangan sungkan bertanya melalui kolom komentar, terima kasih.

Load comments