17 Feb 2018

Cara Setting Tp-Link CPE210/220/510/520 Sebagai Repeater


Setting Tp-Link CPE210/220/510/520 Sebagai Repeater
 Awal bulan Februari 2018 saya telah membeli sebuah Tp-Link tipe CPE220 Pharos, dengan membeli alat baru tersebut tujuanya untuk menyebarkan sinyal WiFi supaya jaringannya lebih luas lagi. Tp-Link jenis ini cocok buat wifi outdoor, dimana didalamnya terdapat setting Access Point, Client, Repeater, Bridge, AP Router, dan AP Client Router (WISP Client).

Pada artikel ini sesuai judul, akan saya berikan tutorialnya bagaimana cara setting Tp-Link CPE220 sebagai Repeater. Tujuannya adalah untuk menembak jaringan WiFi baik jaraknya dekat ayau jauh untuk kemudian dipancarkan kembali. Adapun cara setting Tp-Link CPE220 sebagai Repeater ternyata sama persis dengan tp-link tipe CPE210, CPE510, dan CPE520.

Yang harus dipersiapkan apabila kamu baru pertama kali Tp-Link jenis ini.
- Laptop ataupun Komputer desktop
- Kabel UTP 2 unit
- Terminal listrik

Setelah semua peralatan dipersiapkan, sambungkan kedua kabel UTP ke Power Adaptor. Kemudian kabel UTP yang terhubung ke PoE sambungkan dengan LAN0 pada CPE220/Tp-Link. Sedangkan kabel UTP yang terhubung di LAN pada Power Adapter kamu sambungkan ke Laptop atau Komputer.

Setting CPE 210/CPE220/CPE510/CPE520 Sebagai Repeater


1. Setelah LAN pada Power Adapter kamu sambungkan ke Laptop atau Komputer, kita setting IP terlebih dahulu. Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter setting.


2. Klik kanan pada Local Area Connection > pilih Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)


3. Pilih Use the following IP address dan masukkan 192.160.0.10 sesuai gambar berikut, lalu klik Ok.


4. Buka browser dengan mengunjungi alamat http://192.168.0.254 pada address bar lalu klik enter. Sebaiknya gunakan browser Google Chrome atau Firefox.


5. Masukkan User Name dan Password : admin huruf kecil semua, sesudah itu pilih Region (Negara anda tinggal) dan Bahasa pilih saja English sepertinya tidak ada Indonesia. Jangan lupa beri tanda centang supaya bisa Login.


6. Kemudian kita disuruh untuk merubah user name dan juga password dengan yang baru supaya hanya pemilik yang bisa mengakses Tp-Link kalian.


7. Sesudah itu kita akan masuk ke pengaturan, pilih menu Quick Setup > Repeater.


8. LAN Setting biarkan default, langsung saja klik Next.


9. Klik Survey.


10. Pilih jaringan WiFi yang mau kalian tembak kemudian di pancarkan lagi.


11. Sesudah mendapatkannya klik Next dan Finish.


Maka sekarang WiFi kalian telah bisa bertambah luas jangkaunnya yang penting tidak ada penghalang gedung atau lainnya di sekitar Tp-Link yang anda pasang.

Ya mungkin cukup sekian cara setting Tp-Link jenis CPE sebagai repeater, kalau ada pertanyaan lebih lanjut mohon untuk tentang setting yang ini dulu, soalnya saya juga baru pertama kali menggunakannya. Terima kasih.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


11 komentar

mau tanya gan, tambahan luas jangkauannya bisa sampe berapa meter y?

Bisa nyampe 50-an meter Gan, yang penting jangan banyak penghalang seperti tembok dan lainnya.

Kok g bisa msk ke login di browsernya ya

Gan klo buat nembak jaraknya 300meter bisa gak

bisa Gan, coba saja..

Saya punya cpe 520 bisa di bantu gan cara setting nya kebetulan udah pakai indihome maaf ya. Bisa di chat lewat whatsapp gak...

Kontak saya gan, nanti saya kasih no wa.

Coba hapus semua riwayat & cache browser.

Tanya bos saat saya klik survey pada cpe520 ko gak dapat wifi nya padahal dirumah pakai wifi indihome kenapa tuh.... Tolong di bantu bos

gan tanya dong, saya pasang AP Tenda O3 hampir 1 thn, skrng mau pasang client TP-Link CPE 210 ketika di koneksikan signalnya kok tidak kelihatan z, bagaimana solusinya??

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon