Cara dan Syarat Daftar menjadi Driver GrabBike


syarat daftar grab

Sebagai seseorang yang hendak mendaftarkan dirinya sebagai driver Grab entah itu GrapTaxi, GrabCar, GrapBike, dan lainnya maka kamu wajib memenuhi syarat untuk masak menjadi anggota. Saat ini menjadi Ojek Online (ojol) merupakan profesi yang lumayan menguntungkan ketimbang menjadi ojek pangkalan, namun kita tidak akan membahas hal itu.

Grab, sebelumnya hanya beroperasi sebagi GrabTaxi merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan termasuk Indonesia. Pendiri Grab adalah Anthony Tan dan Tan Hooi Ling yang didirikan pada bulan Juli 2012, itulah sekilas informasi menganai Grab.

Sebelum kita memulai cara daftar menjadi Driver Grab, tentu saja harus terlebih dahulu melengkapi syarat yang berlaku, adapun syarat menjadi driver Grab adalah sebagai berikut :

Syarat GrabBike

1. WNI Maksimal usia 55 tahun
2. Sehat jasmani (Tidak ada kekurangan fisik) dan rohani
3. Memiliki sepeda motor yang layak dan sesuai dengan kriteria dari GrabBike
4. Bisa membaca dan menulis
5. Menguasai area Jabodetabek
6. Mengisi formulir pendaftaran.
7. Fotocopy KTP yang masih berlaku
8. Fotocopy SIM C yang masih berlaku
9. Surat Keterangan Domisili (Bagi KTP luar kota / alamat KTP berbeda dengan alamat tinggal saat ini)
10. Fotocopy STNK yang masih berlaku
11. Fotocopy Kartu Keluarga Terbaru
12. Surat keterangan sehat dari dokter untuk usia ≥ lebih dari sama dengan 50 tahun M. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
13. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp150.000,- untuk mereka yang mencicil HP.
14. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp100.000,- bila sudah mempunyai HP (min. Android dengan kapasitas RAM 1 MB).

Kira-kira, Jenis motor apa saja yang dapat didaftarkan ke GrabBike?

➧ Tipe non-trekking, body masih layak untuk dikendarai, dan mesin masih bisa beroperasi dengan baik

Cara Daftar GrabBike


Kehadiran layanan ojek online seperti Go-Jek dan juga Grab tentu menjadi mempermudah masyarakat dalam memilih transportasi yang mudah diakses hanya melalui aplikasi Smartphone, selain itu menambah peluang pekerjaan baru bagi yang ingin mendapatkan gaji tambahan dengan ngojek.

Setelah kita memenuhi syarat dan menyiapkan dokumen yang diperlukan, berikutnya adalah bagaimana cara atau proses pendaftaran menjadi GrabBike, simak berikut ini :

1. Daftar Langsung

Selain pendaftaran online kita bisa melakukannya secara langsung dengan mengunjungi kantor pendaftaran anggota baru Grab di Kota terdekat. Cara pertama ini lebih disrankan soalnya kamu bakal bisa tahu langsung hasilnya diterima apa tidak.

Perekrutan GrabBike menggunakan sistem tes sehari jadi, untuk itu kamu perlu persiapan pagi hari supaya antrian tidak lama. Waktu buka pendaftaran biasanya mulai pukul 07:00 hingga 14:00.

2. Daftar GrabBike Online

Pendaftaran GrabBike secara online bisa dilaknkan dirumah yang menjadi kelebihannya, akan tetapi kita juga perlu ke lokasi kediaman Grab sesuai kota Anda setelah ada panggilan untuk melakukan tes lanjutan.

Cara daftar GrabBike melalui Online
- Pertama Anda buka alamat web GrabBike di https://www.grab.com/id/driver/bike/
- Kemudian isi dengan lengkap formulir pendaftarannya


Catatan : Pilih jenis GrabBike sesuai keinginan Kamu.
GrabBiker untuk ojek online GrabBike
GrabExpress : Kurir Grab
GrabFood : Antar makanan

Pendaftaran melalui online tentu kita perlu kirim dokumen seperti SIM, STNK, dan lainnya dalam bentuk foto, untuk itu juga perlu diketahui penjelasan supaya dokumen anda diterima Grab.

- Kirim foto profil setengah badan dengan background polos, harus terang dan jelas, serta perlu diperhatikan jangan gunakan aksesoris seperti kalung, anting dan sejenisnya.
- Foto KTP, SIM, SKCK harus jelsa dan menampilkan semua sudut terlihat.
- Penting!, STNK harus difoto bersama dengan lembar pajak, dengan posisi lembar STNK diatas dan lembar pajak dibawah.

Kesimpulan

Pendaftaran GrabBike memang tidak membuauthkan waktu yang lama, karena satu hari sudah jadi apabila kita datang langsung di tempat. Namun jika kita tidak ingin buru-buru menjadi driver Grab bisa dilakukan secara online karena bisa dilakukan di rumah.

Nah demikian informasi bagamana cara dan syarat daftar menjadi GrabBike, semoga menjadi sumber informasi yang sedang anda butuhkan saat ini.

Artikel Terkait

Load comments