Syarat dan Cara Perpanjang SIM C di Wonosobo



Seseorang yang mengendarai sepeda motornya di jalan raya maka wajib memiliki SIM C sedangkan SIM A untuk kendaraan mobil. Bagi siapa saja yang melanggar entah itu seorang ojek online, artis, calon DPR dan lain sebagainya yang ketahuan oleh petugas di jalan raya mengendarai sepeda motor tidak membawa SIM maka akan dikenai sanksi denda sesuai undang-undang yang berlaku.

Melaukan perpanjang SIM itu lebih cepat dari pada pemohon pembuatan SIM baru, selain itu perpanjang juga biayanya lebih murah. Meski begitu kalian perlu ketahui dan pahami peraturan baru yang berlaku bahwa telat masa perpanjang SIM satu hari saja sekarang harus diwajibkan membuat yang baru.

Jadi itu artinya anda harus benar-benar perhatikan kapan dan tanggal berapa jangka waktu SIM kita akan habis. Lima tahun adalah masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) dari awal kita membuatnya, kan sayang jika telat satu hari terus kita membuat dari awal dengan melakukan ujian komputer, teerlebih ujian praktek.

Syarat Perpanjang SIM C
Berdasarkan pengalaman, karena saya berdomisili di kota Wonosobo maka saya akan menceritakan proses, dari mulai syarat dan cara perpanjang SIM C di Wonosobo yang kebetulan saya lakukan pada awal bulan Maret 2019.

Adaupun Syarat yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan perpnjang SIM C :

1. Fotocopy KTP, persiapkan 2 lembar, sebenarnya cukup satu tapi yang satunya buat cadangan.

2. Fotocopy SIM lama (opsional), untuk ini pilihan karena sebenarnya tidak diminta oleh petugas, tapi untuk jaga-jaga siapa tahu dibutuhkan.

3. Bawa KTP asli dan SIM C lama, pastikan kamu sudah membawa KTP dan SIM lama yang hendak diperpanjang.

4. Membawa Surat Keterangan Kesehatan dari Kedokteran atau sering disebut sebagai KIR Dokter

Langkah dan Cara Perpanjang SIM C


Anggap saja untuk syarat 1 sampai 3 sudah kita persiapkan dari rumah mulai dari fotocopy KTP dua lembar dan membawa SIM, sebenarnya di tempat cek kesehatan tersedia jasa fotocopy namun saran saya persiapkan dari rumah saja selain menghemat waktu juga sepertinya lebih murah.

Untuk masalah hari apa yang tepat buat perpanjang SIM C ? Bebas saja asal bukan hari libur atau pas lagi tutup. Sedangakan untuk waktunya saya sarankan berangkat pagi. tempat tes kesehatan buka pulai pukul 06:30 jadi pastikan sudah berangkat dari rumah supaya antrian tidak terlalu panjang, terlebih hari jum'at maka setelah waktunya para petugas kebanyakan dari mereka akan melakukan sholat jum'atan.

1. Lokasi Tes Cek Kesehatan

Karena ini adalah pertama kali saya melakukan perpanjang SIM C, awalnya saya langsung menuju ke Satlantas Polres Wonosobo, setelah menemui petugas disamping pintu gerbang menayakan sudah cek kesehatan belum? Karena belum terpaksa saya harus balik untuk disuruh cek kesehatan telebuh dahulu yang bertempat di Praktek Dr. Yanuar Surya Gunawah.

tes kesehatan sim c

Setelah sampai disana kita langsung masuk ruangan sebelah kiri yang ada tempat fotocopy dan segera menyerahkan fotocopy KTP kepada petugas kemudian tunggu antrian sapai nama kita dipanggil. Disana kita akan dicek mulai dari tinggi dan berat badan hingga disuruh tebak angka lalu suruh baca tulisan.

Biaya cek kesehatan waktu itu : Rp 40.000,- (sebaiknya bawa uang pas)

2. Tempat Perpanjang SIM 

Setelah selesai cek kesehatan berikutnya kita langsung menuju tempat perpanjang SIM C di Satlantas Polres Wonosobo tepatnya di Jl. Bhayangkara, Puntuk Sari, Wonosobo Bar., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56315.

satlantas polres wonosobo

Sesudah sampai di lokasi segera masuk ke kantor dan menuju ke loket samping kiri dan mengambil stopmap berisi formulir pendaftaran, lalu isi semua sesuai data KTP. Meski disana disediakan bolpoin saran saya persiapkan membawa dari rumah siapa tahu disana sudah antri banyak sehingga harus bergantian.

Setelah semua data disisi dengan lengkap, sertakan fotocopy KTP, SIM C lama, dan surat hasil tes kesehatan dijadikan satu dalam formulir, setelah itu serahkan pada petugas pada loket pendaftaran.

3. Bayar Biaya Perpanjang SIM C

Selanjutnya kita akan dipanggil melalui pengeras suara untuk menuju loket pembayaran yang berada pas disampaing loket pendaftaran. Disana kita dikenai biaya sekitar Rp 75.000,- (sebaiknya bawa uang pecahan) sebagai biaya perpanjang SIM C, lalu kembali ke bangku tunggu untuk proses berikutnya.

4. Pengambilan Foto

Untuk panggilan berikutnya kita akan melakukan proses pengambilan foto buat SIM C yang berada di ruang paling kanan dengan tanda bertulisan tempat foto kalau tidak salah. Setelah pengambilan foto proses jadinya SIM tidak lama Anda perlu menungge beberapa menit saja.

5. SIM C Sudah Jadi

Jika SIM dinyatakan sudah jadi kita akan dipanggil lagi menuju loket pendaftaran sambil menulis absen pada sebuah buku unutk dimintai tanda tangan, petugas akan menyerahkan SIM C sesuai namanya satu per satu. Setelah itu Anda bisa pulang dan tidur dengan nyenyak. :)

Sudah punya SIM C, bagamaian kalau daftar Ojek Online? Silahkan baca disini, Cara dan Syarat Daftar menjadi Driver GrabBike.

Penutup
Berdasarkan pengalaman, proses menunggu yang sangat lama adalah setelah kita menyerahkan formulir pendaftaran itu bisa memakan waktu berjam-jam. Oleh karana itu jangan lupa sarapan atau bawa makanan ringan jika anda mengajak seseorang untuk mengantar apalagi bersama anak-anak.

Mungin beda kota tempat anda melakukan perpanjang SIM beda cerita, beda proses, dan beda suasana. Bagaimana pengalaman anda yang berada di luar Kab. Wonosobo?

Load comments