3 Tempat Wisata Keren di Sekitar Danau Toba yang Patut untuk Anda Jelajahi

Kamu semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang satu ini, destinasi tersebut bernama Danau Toba. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara sekaligus menempati urutan kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba terletak di Simalungun, Sumatera Utara. Danau yang menyimpan sejuta pesona keindahan ini juga sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk liburan. Baik wisatawan yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut sejarah, Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi yang sangat dahsyat di masa lampau. Jika dilihat dari pesisir, Danau Toba terlihat sangat luas sekali. Di tengah Danau Toba juga terdapat pulau yang sangat unik, pulau tersebut bernama pulau "Samosir".

Di sekitaran Danau Toba ternyata juga banyak sekali tempat wisata keren yang patut untuk Anda jelajahi lho. Jadi, sembari menikmati keindahan Danau Toba, kamu bisa deh menjelajahi 3 tempat wisata berikut!

1. Kebun Bunga Sapo Juma


Sapo Juma merupakan nama salah satu penginapan yang ada di Danau Toba. Suasana yang sangat tenang akan anda dapatkan di tempat ini. Bahkan, nama Sapo Juma juga sempat viral di sosial media, khususnya di Instagram. Hal ini disebabkan karena di Sapo Juma terdapat kebun bunga yang sangat indah.

kebun bunga sapo juma
 
Para pengunjung yang datang ke Sapo Juma juga sering mengabadikan momen mereka dengan berfoto selfie. Tak hanya itu saja, adanya jalan setapak di sekitar Sapo Juma tentunya sangat memudahkan kamu untuk menikmati keindahan bunga dengan jarak yang sangat dekat.

2. Lembah Bakkara


Selain Kebun Bunga Sapo Juma, wisata keren di sekitar Danau Toba selanjutnya yang patut untuk anda jelajahi yaitu Lembah Bakkara. Lembah Bakkara merupakan sebuah tempat yang dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Kedua sungai tersebut bernama Aek Silang dan Aek Simangira. Kedua sungai tersebut mengaliri desa dan bermuara di Danau Toba. Lembah Bakkara juga merupkan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, salah satu pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu pernah berperang melawan penajajahan belanda.

lembah bakkara

Di Lembah Bakkara juga sangat terkenal dengan Aek Sipangolu atau air yang menghidupkan. Menurut warga setempat, air yang ada Aek Sipangolu sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Konon katanya, barang siapa yang berendam dan meminum air dari Aek Sipangolu, seluruh penyakitnya akan hilang. So, bagi kamu yang punya penyakit silahkan coba dulu berendam dan minum air dari Aek Sipangolu.

3. Puncak Sidiangkat


Saat ini, puncak sidiangkat masih menjadi tempat wisata yang  sering dikunjungi oleh para wisatawan saat berkunjung ke Danau Toba. Adanya spot foto unik berupa sarang buruk raksasa menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke puncak sidiangkat. Tak hanya itu saja, hijaunya pepohonan di sekitar puncak sidiangkat juga akan memanjakan mata orang-orang yang melihatnya.

puncak sarang burung sidiangkat
Image : kumanmu.com
 
Kamu jua bisa kok bermalam di puncak sidiangkat. Karena di puncak sidiangkat telah disediakan hotel bernama Nantampuk Mas yang disediakan khusus bagi para pengunjung yang ingin bermalam di puncak sidiangkat.

Dikelilingi dengan bebukitan dan juga pemandangan hutan lindung yang sangat memukau tentunya akan membuat malam kamu terasa lebih bermakna. Cukup dengan membayar Rp.100.000,- hingga Rp.300.000,- saja kamu sudah bisa bermalam di puncak sidiangkat. Hotel Nantampuk Mas juga sudah menyediakan 21 kamar bagi para pengunjung.

Baca juga :
4 Benda yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Traveler
3 Wisata Romantis di Semarang

Itulah tempat wisata keren di sekitar Danau Toba yang patut untuk anda jelajahi. Semoga Bermanfaat!