4 Destinasi Wisata Indah di Aceh yang Mungkin belum Pernah Kamu Kunjungi


Mendapatkan berbagai rekomendasi tempat wisata indah di Aceh tidaklah terlalu sulit, karena meski pernah diluluhlantakkan oleh gelombang Tsunami pada tahun 2004, namun Aceh hingga kini masih dipercaya sebagai tempat kunjungan wisata yang memberikan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Banyak tempat-tempat wisata indah di Aceh yang menyuguhkan pemandangan eksotis dan berbeda dari destinasi wisata yang ada di daerah-daerah lain.

Namun, sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya untuk terlebih dahulu menentukan jenis perjalanan yang akan ditempuh, sebab belum banyak perusahaan travel yang menyuguhkan Aceh sebagai tempat kunjungan utama berwisata. Jenis perjalanan yang termudah dan termahal tentunya dengan menggunakan pesawat langsung dari Jakarta menuju Aceh.

Jika ingin lebih murah dapat mengombinasikannya dengan perjalanan darat. Caranya dengan menumpang pesawat dari Jakarta menuju Medan, sesampai di Medan meneruskan lagi perjalanan dengan menggunakan bus selama 10 jam.
Baca ini : Tips Memilih Jasa Travel yang Aman untuk Liburan 

Namun, ada lagi cara yang paling irit, yakni dengan menumpang kapal laut dari Jakarta menuju Aceh. Dengan perjalanan laut ini, Anda akan terlebih dahulu transit di Bangka Belitung Kepulauan Riau serta Pelabuhan Belawan Medan sebelum akhirnya tiba di Pelabuhan Malahayati Aceh.

Perjalanan lewat laut ini memang memakan waktu yang lama, tapi bagi Anda yang berjiwa petualang, tentunya akan lebih menantang dan lebih mengasyikkan, lebih dari itu juga lebih hemat karena dapat menekan ongkos perjalanan. Berikut 4 Destinasi Wisata Indah di Aceh yang Wajib untuk Anda Kunjungi.

1. Danau Laut Tawar

danau laut tawar di aceh

Berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Danau Laut Tawar menyuguhkan pemandangan yang eksotis dari danau yang dialiri 25 anak sungai ini. Keunikannya, air danau yang jernih akan semakin bertambah jernih disaat panasnya sinar matahari menyapu permukaan air danau ini. Di tempat ini, selain dapat menikmati indahnya panorama di sekitar danau, pengunjung juga dapat duduk santai di pinggir danau sambhil menikmati kuliner khas Banda Aceh yang berbahan dasar ikan yang ditangkap warga di danau tersebut.

2. Gunung Borni Telong

Bagi Anda yang suka mendaki, Gunung Borni Telong bisa dijadikan salah satu destinasi. Gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada 7 Desembere 1924 ini berlokasi di Kabupaten Bener Meriah. Untuk mencapai gunung ini ada beberapa alternative jalur yang bisa ditempuh, salah satunya melalui Jalur Edelwais.

Disebut Jalur Edelwais karena di sepanjang jalan yang menuju ke Gunung Borni Telong, banyak ditemui bunga abadi yang namanya sangat melegenda, yakni bunga Edelwais. Jika ingin melakukan pendakian, bagi Anda yang masih belum kenal lokasi, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu serta mengajak satu dua orang pemuda setempat untuk menemani pendakian. Jika Anda berhasil sampai di ketinggian gunung ini, mata Anda akan dimanjakan oleh indahnya hamparan pohon pinus.

3. Air Terjun Blang Kolam

air terjun blang kolam
 
Lokasi air terjun Blang Kolam berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Meski keberadaan air terjun ini masih belum mendapatkan perhatian yang serius dari pemeerintah setempat, namun kondisi alamnya yang indah dan sangat asri, membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama menikmati suasana alami di tempat wisata ini.

4. Pantai Lampuuk

Diantara berbagai rekomendasi tempat wisata indah di Aceh, Pantai Lampuuk salah satu diantaranya. Untuk menuju ke pantai ini, hanya butuh waktu perjalanan selama 45 menit dari pusat kota Banda Aceh. Banyak orang mengatakan Pantai Lampuuk adalah Kuta-nya Aceh, karena hamparan panjang pasir putih di pantai ini, memberikan kepuasan sendiri untuk dijadikan tempat bermain. Selain bermain pasir dan berenang, para wisatawan juga dapat menikmati banana boat yang tersedia di Pantai Lampuuk ini.

Itulah 4 destinasi wisata indah di Aceh yang wajib untuk anda kunjungi. Semoga Bermanfaat!

Load comments