6 Wisata Terbaik di Kamboja yang Bisa Kamu Kunjungi


wisata terbaik di kamboja
Liburan keluar negeri tak harus jauh-jauh. Kamboja bisa jadi destinasi liburan keluar negeri yang tak terlalu jauh namun memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, lho! Salah satu negara ASEAN ini berbatasan langsung dengan Laos, Vietnam dan Thailand. Kamboja juga merupakan salah satu negara di ASEAN yang masih berbentuk Kerajaan dengan pemerintahan yang dipimpin perdana menteri.

Dengan keunikan budaya dan juga alamnya, ada banyak destinasi wisata di Kamboja yang sangat menarik untuk ditelusuri. Bagi kamu yang ingin liburan ke Kamboja tenang saja karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 6 Wisata Terbaik di Kamboja yang Bisa Kamu Kunjungi. Berikut keenam wisata tersebut!

1. Istana Kerajaaan & Silver Pagoda

Tujuan wisata Kamboja pertama yang bisa kamu kunjungi saat berada di ibukota Phonm Penh adalah kompleks Istana Raja Kamboja. Bangunan istana megah ini dibangun dengan arsitektur khas Kamboja yang sangat menawan. Daya tarik lainnya dari kompleks Istana Raja Kamboja ini adalah keberadaan Silver Pagoda, disebut Silver Pagoda karena tak kurang dari 5000 ubin yang terbuat dari perak melapisi bangunan pagoda khas Kamboja ini. Tak hanya itu, di dalam Pagoda ini juga terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan berhiaskan 9.584 berlian.

2. Angkor Wat

angkor wat
 
Objek wisata Kamboja selanjutnya ini merupakan salah satu ikon wisata di Kamboja populer yang wajib dikunjungi. Angkor Wat merupakan kuil yang dibangun pada abad ke-12 dengan luas mencapai 400 kilometer persegi. Disekitar kawasan Angkor Wat kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata kuil di Kamboja lainnya seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom.

3. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Kamboja pernah memiliki catatan sejarah kelam, tepatnya pada 1975-1978 dimana terjadi pembunuhan masal terhadap lebih dari 2 juta penduduk Kamboja. Tuol Sleng Genocide Museum merupakan salah satu saksi bisu tempat terjadinya pembantaian tersebut yang kini menjadikan sebagai museum.

Mulai dari kuburan masal hingga tengkorak-tengkorak korban yang masih tersimpan rapi masih bisa kamu temui. Berbagai diorama dan lukisan yang menggambarkan kronologi kejadian bersejarah ini juga bisa dipelajari di objek wisata sejarah Kamboja ini.
   
4. Koh Ker

tempat wisata di kamboja
 
Destinasi wisata Kamboja bersejarah lainnya adalah Koh Ker, situs purbakala yang dahulu merupakan tempat berdirinya ibukota Kerajaan Khmer pada 928 hingga 944 Masehi. Berbagai bangunan megah sisa-sisa ibu kota Koh Ker dan patung dan kuil-kuil bisa kamu temui di kawasan wisata Kamboja ini. Salah satu yang paling terkenal adalah sebuah kuil yang berbentuk layaknya piramida dengan kedtinggian 30 meter yang berada di tengah belantara hutan.

5. Kuil Bayon

Berbicara soal wisata kuil di Kamboja, ada satu lagi kuil perbukala unik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kamboja, yaitu kuil Bayon. Yang menarik dari objek wisata satu ini adalah kamu bisa menemukan ukiran wajah berbeda-beda sebanyak 200 yang tersebar di berbagai sisi dan sudut situs bersejarah ini. Salah satu pahatan wajah yang paling tersohor adalah wajah orang tersenyum yang banyak dipercaya sebagai wajah salah satu Raja Kamboja terdahulu, Jayayarman VII.

6. Preah Vihear

Berada di Pegunungan Dangrek, diatas tebing setinggi 525 meter, terdapat juga candi Hindu peninggalan Kher yang dibangun pada 11 dan 12 pada masa raja-raja Khmer Suryavarman I dan Suryavarman II sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Siwa. Reruntuhan kuil yang masih memancarkan kemegahan ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata di Kamboja yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga : 4 Destinasi Wisata Favorit Sepanjang Masa di Thailand
Itulah 6 wisata terbaik di Kamboja yang bisa kamu kunjungi. Semoga Bermanfaat!

Load comments