4 Hal Penting yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Traveling

hal penting sebelum liburan
Saat kamu akan melakukan traveling, tentunya ada banyak sekali hal yang harus kamu pikirkan sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk traveling. Hal-hal penting tersebut nantinya juga akan menjadi faktor suksesnya traveling yang kamu lakukan. Jadi, kamu nggak boleh sembarangan traveling.

Karena ada beberapa hal penting yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu. Dan pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 4 Hal Penting yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Traveling. Jadi, bagi kamu yang ingin traveling, pikirkan dulu ya 4 hal penting tersebut!

1. Waktu Luang


Sebelum memutuskan untuk traveling, kamu harus memikirkan terlebih dahulu waktu luang yang akan kamu pakai untuk traveling. Pikirkanlah kapan kamu punya waktu luang. Hal ini dilakukan agar waktu traveling yang kamu lakukan tidak berantakan. Kamu juga harus membedakan mana waktu untuk bekerja dan mana waktu untuk traveling.

Kamu nggak boleh sembarangan mengambil waktu untuk liburan. Pikirkanlah terlebih dahulu kapan waktu kamu akan melakukan traveling. Usahakanlah untuk melakukan traveling pada hari libur. Karena hari libur merupakan waktu luang yang bisa kamu manfaatkan untuk traveling.

2. Izin dari Orangtua


Bagi kamu yang masih di bawah umur dan masih di bawah pengawasan orangtua, usahakanlah untuk bisa semaksimal mungkin mendapatkan izin dari orangtua sebelum memutuskan untuk traveling. Karena restu orangtua sangat bergantung terhadap suksesnya traveling yang kamu lakukan. Kalau kamu tidak mendapatkan izin dari orangtua, jangan pernah melakukan traveling. Tungglulah sampai orangtua kamu mengizinkan.

Karena jika kamu sampai melakukan traveling tanpa restu izin dari orangtua, nantinya dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tak hanya itu saja, orangtua kamu nantinya juga akan sangat khawatir jika kamu pulang terlalu lama. Apalagi sampai terjadi hal buruk yang menimpa kamu pada saat traveling.

Maka dari itu, kalau kamu tidak mau hal tersebut terjadi, usahakanlah untuk mendapatkan restu izin dari orangtua terlebih dahulu sebelum melakukan traveling.

3. Modal Transportasi yang Akan Kamu Gunakan


Selain kedua hal di atas, hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan sebelum traveling yaitu dengan memikirkan moda transportasi yang akan kamu gunakan. Pikirkanlah akan menggunakan kendaraan pribadi, atau menggunakan kendaraan umum untuk traveling. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, usahakanlah untuk senantiasa mengecek kondisi kesehatan kendaraan kamu.

Jangan sampai pada saat melakukan traveling kendaraan kamu tiba-tiba rusak. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan kamu nantinya. Dan kalau kamu ingin menggunakan kendaraan umum, pesanlah tiket jauh-jauh hari sebelum kamu melakukan traveling agar kamu tidak kehabisan tiket.

Baca ini : Tips Memilih Jasa Travel yang Aman untuk Liburan

4. Anggaran Dana yang Akan Dikeluarkan


Dan hal terakhir yang harus kamu pikirkan sebelum kamu memutuskan untuk traveling yaitu dengan memikirkan anggaran dana yang akan kamu keluarkan saat kamu traveling. Pikirkanlah biaya apa saja yang kamu butuhkan. Misal, biaya tiket perjalanan, biaya penginapan, biaya makan, biaya tiket masuk, dan biaya yang lain sebagainya. Semuanya harus terorganisir dengan teratur agar kondisi keuangan kamu tidak kacau balau saat kamu melakukan traveling.

Sesuaikan juga pengeluaran dengan kondisi keuangan kamu pada saat itu. Jangan terlalu memaksakan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat banyak padahal kondisi keuagan kamu pada saat itu sedang tidak stabil. Maka dari itu, pikirkanlah terlebih dahulu anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Itulah 4 hal penting yang harus kamu pikirkan sebelum kamu traveling. Semoga Bermanfaat!