Monas, Wisata Ibukota yang Sangat Cocok Buat Rekreasi Keluarga


Siapa sih yang tidak kenal dengan Monas? Monas merupakan singkatan dari Monumen Nasional sekaligus ikon Negara Indonesia yang sangat populer. Monas terletak di Jakarta. Selain menjadi ikon populer Negara Indonesia, Monas juga sering dijadikan banyak orang sebagai objek wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan kamu. Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata buat rekreasi keluarga, Monas mungkin bisa menjadi solusinya.

Monas dibangun pada 17 Agustus 1961 beradasarkan perintah presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno. Pembangunanya juga sangat sulit karena harus membuat tugu dengan ukuran yang cukup tinggi. Alhasil, Monas baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Pembangunan Monas juga sempat terhenti karena peristiwa G30S PKI atau yang lebih dikenal dengan “Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia.” Monas memiliki luas area sekitar 80 hektar. Hal ini membuat Monas dapat menampung massa dalam jumlah yang sangat banyak. So, kamu nggak perlu takut untuk tidak kebagian tempat saat berkunjung ke Monas.

Berdasarkan sejarah, kamu semua pastinya banyak yang belum tahu kalau Monas sudah berganti nama sebanyak 5 kali. Pada awalnya Monas bernama lapangan gambir, lalu berganti nama menjadi lapangan Ikeda, berganti nama lagi menjadi lapangan merdeka, berganti nama lagi menjadi lapangan Monas, hingga pada akhirnya berubah nama secara resmi menjadi Tugu Monas hingga saat ini.

Di ujung Tugu Monas juga terdapat sebuah arsitek ukiran emas dengan ukuran yang sangat besar. Emas inilah yang menjadi daya tarik banyak orang untuk berkunjung ke Monas. Monas memiliki tinggi sekitar 134 meter. Waw, lumayan tinggi kan? Pada saat musim libur telah tiba, para wisatawan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berkunjung ke Monas. Wisatawan yang datang juga berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bahkan, para wisatawan asing juga sesekali sering terlihat di tempat wisata yang satu ini.

tugu monas jakarta

So, bagi kamu semua yang masih bingung ingin menghabiskan waktu liburan kemana, berkunjung ke Monas mungkin bisa menjadi solusinya. Kebersihan Monas juga senantiasa terjaga. Karena setiap harinya petugas kebersihan akan selalu membersihkan sampah yang ada di sekitar areal Monas. Meskipun bukan berbasis tempat wisata alam, namun pemandangan yang ada di Monas sangatlah indah. Kamu juga bisa mengabiskan momen dengan berfoto selfie di sekitar Monas.

Karena banyak orang yang belum bisa berlibur ke Monas. Jadi, kamu bisa deh pamer ke teman-teman kamu. Untuk bisa berlibur ke Monas kamu tidak perlu membayar biaya masuk kok. Siapa saja bisa berkunjung ke Monas tanpa harus membayar. Karena Monas merupakan ikon populer Negara Indonesia, jadi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia bisa bebas berkunjung ke Monas.

Di sekitaran Monas juga banyak sekali spot wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Taman Kota Hijau. Seperti namanya, spot wisata yang ada di sekitar areal Monas ini menyajikan pemandangan taman dengan berbagai tumbuhan hijau yang masih segar. Udara yang ada di di Taman Kota Hijau juga sangat sejuk.

Tak hanya itu saja, di sekitar Monas juga terdapat spot wisata edukasi yang dapat menambah wawasan kamu. Terdapat juga karya seni patung dan juga monumen yang sangat indah. Semua itu bisa kamu nikmati di Monas. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu liburan ke Monas?

Baca juga : 4 Tips Membeli Oleh-Oleh Saat Traveling

Load comments