4 Mitos Danau Toba yang Wjib untuk Kamu Ketahui

mitos tentang danau toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Simalungun. Kalian semua pasti sudah mengenal Danau Toba kan? Bagi para wisatawan yang gemar mengunjungi tempat-tempat wisata, Danau Toba merupakan destinasi wisata yang tidak asing lagi untuk dikunjungi. Sekedar informasi, Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan merupakan danau vulkanik terbesar nomor 2 di dunia.

Panaroma keindahan alam yang tiada duanya akan kamu dapatkan saat berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Meskipun memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan, ternyata danau toba memiliki banyak sekali mitos lho! Penasaran? Berikut 4 Mitos Danau Toba yang Wajib untuk Kamu Ketahui.

1. Adanya Larangan Membuang Kotoran Sembarangan di Danau Toba

Danau Toba merupakan tempat wisata yang sangat terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, para pengunjung yang datang berkunjung kesana sangat dilarang sekali untuk membuang kotoran sembarangan di Danau Toba.

Karena jika larangan ini sampai dilanggar, maka sang pengunjung akan mendapatkan kesialan selama berada di Danau Toba. Larangan tersebut sangat dipercaya oleh masyarakat setempat, bahkan para pengunjung pun sangat menaati larangan ini.

2. Fenomena Batu Gantung

Selain larangan membuang kotoran sembarangan di Danau Toba, mitos selanjutnya yaitu fenomena batu gantung. Fenomena batu gantung yang ada di salah satu tebing yang ada di Danau Toba merupakan hal yang sangat dinanti bagi para pengunjung yang datang ke Danau Toba. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya, batu gantung yang ada di Danau Toba tidak pernah rapuh. Batu gantung tersebut tetap kokoh meskipun diterjang cuaca apapun. Banyak sekali kisah dan juga mitos yang menyelimuti batu gantung yang ada di Danau Toba.

Banyak masyarakat setempat yang percaya bahwa batu gantung tersebut merupakan jelmaan putri raja bersama dengan anjing peliharaannya. Sang putri raja menolak dijodohkan oleh ayahnya. Karena geram, putri raja tersebut akhirnya pergi dan berlari hingga akhirnya terperosok dan hampir jatuh ke Danau Toba. Beruntung anjing peliharaannya mengikutinya dan bergegas untuk menolongnya. Itulah salah satu cerita tentang batu gantung tersebut.

3. Naga Penjaga Danau Toba

Mitos selanjutnya yaitu naga penjaga Danau Toba. Mungkin banyak dari kalian yang tidak percaya bahwa di Danau Toba ada sebuah naga besar yang menghuni Danau Toba. Bagi kalian yang belum percaya, silahkan datang berkunjung ke Danau Toba dan perhatikan di sekitar perairannya. Karena naga tersebut akan sering sekali menampakkan wujudnya ke perairan.

Namun kalian tidak perlu takut dan khawatir. Naga tersebut tidak akan berbuat jahat. Naga tersebut merupakan penghuni tetap sekaligus penjaga Danau Toba.

4. Hantu Muka Rata

Bagi kamu yang tidak bernyali besar, saya sarankan untuk tidak menginap dan bermalam di Danau Toba. Karena ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat tentang hantu muka rata. Hantu muka rata sering sekali menunjukkan wujudnya ketika malam hari.

Menurut pengakuan yang pernah menginap dan bermalam di Danau Toba, mereka sering sekali menemui sesosok manusia yang tengah berdiri di Danau Toba. Namun setelah didekati, sosok manusia tersebut merupakan hantu muka rata yang ada di Danau Toba.

Baca juga : 3 Tempat Wisata Keren di Sekitar Danau Toba
Percaya atau tidak itu dikembalikan pada diri anda masing-masing. Itulah 4 Mitos Danau Toba yang Wajib untuk Kamu Ketahui. Semoga Bermanfaat!