Museum Al-Qur’an Raksasa, Wisata Religi Palembang yang Terkenal Sangat Populer

Tags


museum al quran
Image : klikampera.com
Liburan tak seharusnya dilakukan ke wisata alam saja, namun juga ke wisata religi yang dapat mempertebal ilmu agama kita. Jika kamu bingung ingin berwisata religi kemana, di Palembang ternyata terdapat sebuah Museum Al-Qur’an Raksasa yang mungkin bisa menjadi pilihanmu untuk mengunjungi wisata religi. Museum tersebut merupakan musem yang terkenal sangat populer karena didalamnya terdapat Al-Qur’an raksasa yang sangat besar. Ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an raksasa tersebut juga ditulis dengan ukuran huruf yang besar juga.

Museum Al-Qur-an raksasa tersebut terletak di Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Al-Qur’an raksasa yang ada di museum ini juga sudah mencetak rekor MURI dan sudah dinobatkan sebagai Al-Qur’an terbesar dan terberat di dunia. Indonesia tentunya bangga memiliki museum Al-Qur’an raksasa tersebut. Karena akan menjadi daya tarik para wisatawan asing untuk berkunjung ke Palembang.

Di dalam Al-Qur’an tersebut juga terdapat lembaran yang diukir dengan menggunakan kayu. Ukurannya juga sangat besar. Al-Qur’an raksasa tersebut secara keseluruhan berjumlah 30 juz yang terdiri dari 5 lantai. Tinggi Al-Qur’an raksasa tersebut juga tidak main-main, yaitu sekitar 15 meter dengan lebar 8 meter. Pantas saja Al-Qur-an raksasa tersebut dinobatkan sebagai Al-Qur’an terbesar dan juga terberat di dunia.

Kalau kamu mau berkunjung ke museum tersebut, kamu juga harus senantiasa menaati peraturan yang telah dibuat oleh pengelola museum. Kamu harus senantiasa menggunakan pakaian yang sopan. Hal ini disebabkan karena di dalam museum tersebut terdapat banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an. Di dalam museum tersebut juga terdapat panggung yang bisa kamu gunakan untuk berfoto selfie. Dengan latar belakang Al-Qur’an raksasa tentunya akan membuat foto kamu tampak lebih indah dan juga mengesankan.

Di lantai kedua, para pengunjung juga diperbolehkan untuk menyaksikan sekaligus menyentuh ukiran ayat Al-Qur’an di lembaran kayu trembasu. Lembaran Al-Qur’an ayat tersebut terukir dengan warna kuning emas dengan latar belakang gelap. Lembaran-lembaran ayat tersebut juga bisa diputar-putar agar bisa dibaca semua. Namun sayang sekali para pengunjung hanya bisa sampai ke lantai 2 saja. Karena untuk bisa ke lantai 3 hingga seterusnya aksesnya masih ditutup oleh pengelola museum.

Kekurangan museum ini terletak pada kurang tertata rapinya lembaran-lembaran ayat Al-Qur’an yang ada. Tak hanya itu saja, di dalam museum tersebut juga belum ada guide yang bisa digunakan untuk membantu para pengunjung yang datang. Mungkin ke depanya pengelola museum bisa memperbaikinya agar para penunjung yang datang tidak kebingungan saat berada di dalam museum.

Museum ini sangat cocok dikunjungi sebagai pengisi waktu kosong saat bulan ramadhan. Selain berwisata, kamu juga bisa mempertebal ilmu agama dengan menyaksikan keindahan Al-Qur-an raksasa yang sangat luar biasa. Museum ini juga bisa dijadikan sebagai objek wisata untuk study tour. Pihak sekolah nantinya dapat memperkenalkan kepada para muridnya tentang Al-Qur’an.

Untuk bisa masuk ke dalam museum Al-Qur’an raksasa ini kamu juga tidak harus membayar mahal kok. Kamu hanya diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000,- per orang. Lumayan terjangkau kan? So, bagi kamu yang masih bingung ingin menghabiskan waktu liburan kemana, berkunjung ke Museum Al-Qur’an Raksasa mungkin bisa menjadi pilihan. Menikmati keindahan Al-Qur’an terbesar dan juga terberat di dunia yang ada di kota Palembang.

Baca juga : 5 Tips Hemat Liburan Pada Saat Lebaran
Itulah sedikit pembahasan tentang Museum Al-Qur’an Raksasa, wisata religi Palembang yang sangat terkenal. Semoga Bermanfaat!

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon