5 Tips Hemat Liburan Pada Saat Lebaran


tips liburan lebaran
Selain menjadi momen berkumpul bersama keluarga, momen lebaran juga menjadi kesempatan bagi kamu untuk berwisata mengisi liburan yang lumayan panjang. Meski dompet tebal karena uang Tunjangan Hari Raya (THR), tapi kamu harus tetap memperhatikan kondisi keuangan kamu. Soalnya, saat lebaran sering kali terjadi lonjakan harga.

Dan bagi kamu semua yang punya keinginan untuk liburan pada saat lebaran tenang saja karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 5 Tips Hemat Liburan Pada Saat Lebaran. Penasaran apa saja? Berikut kelima tips tersebut!

1. Manfaatkan Agen Promo Paket Wisata


Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan agen promo paket wisata. Kamu bisa melirik promo paket wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan tertentu, karena menjelang libur lebaran biasanya ada banyak promo paket wisata yang tiba-tiba muncul. Biasanya paket ini harus dipilih dari jauh hari.

Lebih baik dari sekarang, kamu cek situs agen-agen perjalanan wisata. Dengan memanfaatkan promo tiket pesawat dan akomodasi yang jauh lebih murah daripada harga biasanya, kamu bisa berhemat.

2. Jangan Menginap di Hotel yang Mahal


Tips kedua yang bisa kamu lakukan yaitu jangan menginap di hotel yang mahal. Menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu membuat pengeluaran kamu semakin membengkak. Apalagi saat libur Lebaran bersama keluarga, kamar hotel yang harus kamu bayar bukan hanya satu.

Untuk itu, kamu bisa mencari jenis tempat penginapan lain, seperti airbnb yang memanfaatkan rumah yang disewakan per kamar atau keseluruhan serta unit apartemen. Selain itu, ada juga guesthouse atau kos harian yang bisa kamu jadikan alternatif saat sedang berada di lokasi wisata.

Saat ini banyak sekali situs online atau aplikasi yang bisa kamu akses untuk mencari tempat penginapan harian semacam itu. Agar tidak kecewa karena salah memilih kamu bisa melihat rekomendasi dari penginap sebelumnya. Biasanya aplikasi penyedia akomodasi sudah mencantumkan testimoni dan tanda bintang yang mereka berikan. Meski bukan hotel berbintang, kini jenis-jenis penginapan tadi pun kualitasnya semakin oke. Gak ada salahnya dicoba.

3. Minta Bantuan Keluarga


Selain kedua tips di atas kamu juga bisa meminta bantuan keluarga yang lain untuk saling menyumbang alias patungan dalam mengisi bensin transportasi yang akan kamu gunakan. Keluarga kamu pasti tidak akan keberatan, dia juga mengerti bahwa setiap keluarga harus saling gotong royong, tak terkecuali dalam hal yang satu ini.

Apalagi pada saat lebaran biasanya anggota keluarga akan memiliki uang yang lebih. Nah, kamu bisa deh memanfaatkan kesempatan tersebut.

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman dari Rumah


Untuk menghemat pengeluaran berwisata saat Lebaran, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Ini pilihan yang bagus agar kamu gak terlalu banyak jajan. Apalagi biasanya di saat Lebaran, tempat makan sering mendadak menaikkan harga. Tidak ada salahnya kamu mencoba hal ini. Selain menghemat makanan, kamu juga bisa lebih mengatur gizi makananmu.

5. Rencanakan Tempat Liburan dari Sekarang


Jika kamu mempunyai keinginan untuk liburan pada saat lebaran sebaiknya kamu mulai mempersiapkan kemana kamu akan menghabiskan waktu dengan keluarga untuk liburan mulai dari sekarang. Karena biasanya, tiket masuk ke tempat wisata akan lebih murah dipesan jauh-jauh hari.

Cara ini juga dapat mengantisipasi kamu agar tidak kehabisan tiket wisata. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Baca juga : Alasan Mengapa Liburan dengan Kendaraan Pribadi Lebih Menyenangkan
Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk hemat liburan pada saat lebaran. Semoga Bermanfaat!

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon