5 Kelebihan & Kekurangan Root yang Wajib Kamu Tahu


Saya tidak habis pikir, banyak orang yang minta bantuan kepada saya untuk melakukan root terhadap smartphone yang digunakan. Lalu saya tanyakan pada orang tersebut, kebutuhannya buat apa? Nah sambil bengong, dia menjawab “tidak tau”.

Seharusnya mereka sudah tau apa yang akan mereka perbuat dengan cara melakukan root terhadapa Android. Dan mereka juga sudah harusnya paham dampak apa saja yang didapat setelah melakukan rooting pada ponsel mereka.

Apa itu root di Android?

Secara sederhana, root Android merupakan sebuah aktifitas dimana pengguna akan membuka akses kedalam seluruh sistem yang ada pada OS Android.

Dengan begitu kita lebih leluasa untuk melakukan kostumisasi seperti melakukan swap ram, menghapus aplikasi bloatware, memodifikasi sistem dan semacamnya.

Root Android lebih cocok dilakukan oleh pengguna yang sudah paham. Seperti mereka yang gemar oprek coding pada aplikasi, memodifikasi aplikasi, memodifikasi tampilan tema dan semacamnya.

Untuk itu sebaliknya bagi pengguna awam sesungguhnya “tidak perlu” melakukan root. Apalagi yang kalau mau ngirim aplikasi lewat share it saja tidak ngerti, nah jangan buru-buru mau nge-root hp dulu lah, pahami dulu apa itu root baru belajar tentangnya.

 kelebihan dan kekurangan root

Nah, disini kita akan kasih tau beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan root di Android agar kamu lebih paham, khususnya buat pengguna awam yang baru belajar ngoprek hp.

Kelebihan Root Android


1. Kostumisasi Tak Terbatas


Yap, Super User adalah sebutan yang pantas untuk pengguna yang sudah melakukan root pada ponselnya. Dan mereka ini cenderung menghabiskan waktunya untuk mengoprek dan mencoba berbagai hal pada smartphone Android.

Terutama pada bidang kostumisasi, pengguna bebas memodifikasi dan membuat smartphonenya lebih canggih seperti dengan cara mengubah tampilan launcher, mengubah icon pack, mengubah beberapa fungsi menu ataupun menambahkannya. Semua itu bisa dilakukan dengan hak akses root di Android.

2. Meningkatkan Performa Android


Selain melakukan kostumisasi pada tampilan, Root juga bisa meningkatkan kinerja smartphone.

Contohnya kita bisa melakukan tweak pada prosesor agar bisa bekerja hingga tingkat paling tinggi. Dalam hal ini biasanya aktifitas tersebut disebut dengan Unlock CPU.
Namun tidak seperti pada perangkat PC, di Android ini lebih terbatas.

3. Bisa Modifikasi Kernel


Apa kalian sudah paham dengan yang namanya kernel di Android?
Kernel itu berfungsi untuk menerjemahkan apa yang di input oleh pengguna sehingga mudah dipahami oleh sistem. Dalam artian dia akan meneruskan perintah kita sehingga mudah dipahami oleh smartphone.

Meski sebagai penghubung antara input dengan sistem, namun kernel berbeda dengan driver. Untuk lebih lengkapnya, silakan kalian googling saja.

4. Bebas Gonta Ganti ROM


Bagi yang belum tau, ROM adalah firmware yang terinstal pada hp Android. Pada ROM ini kita bisa menyisipkan aplikasi, fungsi tertentu dan juga semua hal yang ada pada smartphone yang berbentuk software.

Ada banyak developer yang mengembangkan custom rom dengan berbagai jenis. Seperti misalnya khusus tampilan saja, gaming saja dan bahkan untuk ketahanan baterai saja juga ada.

5. Banyak Aplikasi Canggih


Karena Android yang sudah di root lebih leluasa untuk meminta akses ke sistem, makanya ada banyak sekali aplikasi canggih yang memang hanya bisa dipasang pada Android yang sudah di root.

Seperti misalnya aplikasi pembobol wifi, aplikasi pelacak, aplikasi chat spam WhatsApp dan masih banyak lagi.

Kekurangan Root Android


Sebenarnnya kekurangan yang paling menonjol pada Android yang sudah di root itu menurut saya adalah GARANSI RESMI YANG HILANG.

Ya, memang garansi resmi dari sebuah ponsel Android akan hilang saat perangkat tersebut sudah pernah di root.

Apa bisa ktia akali dengan cara unroot kembali?
Sayangnya tidak, karena pihak service center akan mudah mendeteksi apakah perangkat tersebut sudah pernah di root atau belum.

Nah, jadi kalau ponsel yang kalian beli masih terbilang baru, maka sebaiknya pikir-pikir dulu deh apa root itu penting banget atau hanya ingin terlihat keren saja.

Adakah Aplikasi Root yang Rekomended?
Ada banyak banget! Saat ini sudah banyak aplikasi root yang handal dalam melakukan rooting pada Android, dan bahkan hanya dengan satu kali klik device kita sudah dalam keadaan root.

Bagi pengguna yang tidak memiliki PC jangan khawatir, karena juga ada aplikasi root dalam bentuk apk dimana memang dikhususkan untuk pengguna yang ingin melakukan root hanya bermodalkan ponsel saja.

Yang terakhir, dari semua penjelasan yang sudah saya uraikan diatas apakah kalian masih ingin nge-root? Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini kepada teman kalian, terima kasih.

Posted by androidgaul.id

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon